Putra Mahkota Saudi Batalkan Pertemuan Rahasia dengan Netanyahu

Riyadh, MINA – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman telah membatalkan pertemuan rahasia dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Washington pekan depan setelah berita tentang hal itu bocor.

Menurut Middle East Eye, kunjungan itu dilakukan setelah Konvensi Partai Republik. Kerahasiaan lengkap sangat penting, jelas seorang sumber yang berbicara dengan status anonim, demikian dikutip dari MEM, Kamis (27/8).

Sumber itu mengatakan, dengan dukungan dari Donald Trump dan penasihat seniornya Jared Kushner, para pemimpin Saudi dan Israel harus berjabat tangan.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan bersama antara Bin Salman dan Trump.

Pangeran “menyetujuinya karena Trump dan Kushner mendorongnya,” kata sumber tersebut. Ia menambahkan, itu juga diduga menguntungkan reputasi de facto pemimpin Saudi dan “meluncurkan kembali citranya sebagai pembawa damai.”

Baca Juga:  Syubban Jama’ah Muslimin Buka Pelatihan Wirausaha Kelas Berdikari

Pembatalan perjalanan Bin Salman terjadi sehari setelah UEA membatalkan pertemuan tripartitnya sendiri dengan pejabat AS dan Israel yang dijadwalkan pada Jumat pekan lalu. Pembatalan terjadi karena ada penentangan di Israel terkait penjualan jet tempur F-35 AS ke Emirates. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf