Qatar Bantu Evakuasi Lebih dari 75.000 Orang dari Afghanistan

Doha, MINA – Pemerintah menayangkan film dokumenter “Al-Waseet” tentang operasi evakuasi lebih dari 75.000 orang selama dan setelah pengepungan Kabul tahun 2021.

Menyusul perebutan ibu kota pada tahun 2021 oleh pasukan Taliban, negara itu dalam kekacauan.

“Pemerintah bekerja dengan baik, pegawai pemerintah merasakan tanggung jawab,” kata Menteri Luar Negeri Afghanistan saat ini Amir Khan Muttaqi, yang merupakan salah satu dari beberapa tokoh Taliban yang diwawancarai untuk film dokumenter tersebut.

Duta Besar Negara Qatar untuk Afghanistan, Saeed bin Mubarak Al-Khayarin mengatakan, di Qatar orang akan menemukan semua kualitas mediator yang baik.

Qatar memiliki peran besar sebagai mediator dalam banyak konflik sebelumnya, seperti di Lebanon, Sudan, Djibouti, dan Eritrea.

Pemerintah AS, menurut film dokumenter tersebut, menyadari bahwa ada satu cara untuk berkoordinasi dengan pemerintah Taliban, dan itu harus dilakukan melalui Qatar.

Peran Qatar tidak hanya terbatas pada upaya mediasi, termasuk menampung banyak pengungsi Afghanistan di kompleks Park View Villas, dan memberi mereka perawatan fisik dan mental terbaik, terutama anak di bawah umur.

Banyak jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah Qatar kepada para pendatang di Afghanistan, termasuk beasiswa dan pekerjaan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.