Qatar Menentang Trump, Talangi Turki dengan Janji Investasi US$15 miliar

Ankara, MINA – menentang Presiden AS Donald Trump pada Rabu (15/8) dan berjanji untuk memberikan dana talangan (bailout) US$15 miliar ke pasar keuangan dan bank , di tengah runtuhnya nilai lira dan perang dagang antara Turki dan Amerika Serikat.

Bailout itu menyusul pembicaraan di Ankara antara Emir Qatar, Syeikh Tamim bin Hamad Al-Thani, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Lira telah anjlok hampir 40 persen nilainya terhadap dolar tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pengaruh Erdogan yang semakin besar terhadap ekonomi dan penolakannya untuk menaikkan suku bunga meskipun inflasi tinggi.

Pekan lalu, AS menggandakan tarif impor aluminium dan baja dari Turki, selama perselisihan mengenai penahanan seorang pendeta Amerika atas tuduhan keamanan yang dilihat AS sebagai tidak berdasar.

Sebagai tanggapan, Erdogan meluncurkan boikot terhadap produk elektrik AS dan menaikkan tarif dengan tajam pada komoditi impor dari AS lainnya.

Turki dan Qatar telah menjadi mitra ekonomi dan politik yang dekat. Doha memiliki investasi senilai US$20 miliar di Turki, dan Ankara adalah salah satu eksportir teratas ke emirat tersebut.

Syekh Tamim adalah pemimpin asing pertama yang menelepon Erdogan setelah kudeta yang gagal di Turki pada 2016, dan Turki – bersama dengan Iran – adalah salah satu dari sedikit negara yang mendukung Qatar melawan boikot oleh Kuartet Anti-Teror yang dipimpin Saudi yang menuduh Doha mendukung terorisme.

Meskipun Qatar sekarang menjanjikan US$15 miliar, itu belum benar-benar membayar apa pun, dan itu mungkin tidak cukup untuk menyelesaikan masalah ekonomi Turki.

Analis juga mengatakan biaya politik dari investasi itu tetap harus dilihat, mengingat bahwa Qatar juga merupakan sekutu AS dan bergantung pada Washington untuk perlindungan militer dan politik.

“Inilah yang terjadi ketika Anda memilih untuk menyenangkan kedua belah pihak,” kata Dr. Hamdan Al-Shehri, seorang analis politik Saudi dan sarjana hubungan internasional, kepada Arab News.

“Amerika memiliki pangkalan militer di Al-Udeid di Qatar sehingga secara alami mereka akan mengharapkan Qatar untuk mengikuti garis mereka.

“Qatar telah condong ke Turki karena adanya tautan Ikhwanul Muslimin dan koneksi Iran sehingga sekarang menemukan dirinya dalam situasi yang tidak menyenangkan. Jika mereka berpihak pada Turki, mereka menghadapi risiko menentang Presiden AS Donald Trump. Jika mereka mendukung posisi Amerika pada sanksi tarif terhadap Turki, maka mereka kehilangan Turki.”

Al-Shehri mengatakan Ankara tampaknya telah mendorong Qatar untuk mendukungnya.

“Mereka mengatakan kami mendukung Anda saat berselisih dengan tetangga Arab, dan sekarang giliran Qatar untuk membalas budi.” (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.