Raja Salman Jadi Pemimpin Saudi Pertama yang Kunjungi Rusia

Raja Salman bin Abdulaziz. (Gambar: YouTube)

 

Moskow, MINA – Raja Salman bin Abdulaziz akan menjadi pemimpin Arab Saudi pertama yang melakukan kunjungan ke Rusia, yang dijadwalkan Kamis (5/10), demikian seorang pejabat senior di Kremlin mengatakan.

“Raja Salman akan melakukan kunjungan bersejarah, kami sedang menunggu kunjungan Raja di Moskow pada Kamis,” pejabat Yury Ushakov mengatakan kepada kantor berita TASS. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA, Senin (2/10).

Arab Saudi dan Rusia adalah dua negara produsen minyak terbesar di dunia. Keduanya sedang berupaya memperkuat hubungan yang lebih erat dan mendapatkan keuntungan dari investasi bersama.

Kedua negara juga telah terpukul oleh jatuhnya harga minyak. Meski ada perbedaan dalam beberapa isu regional, pengamat memperkirakan keduanya akan berusaha menyingkirkan isu itu dan menyetujui pemotongan produksi.

Bulan lalu di Majelis Umum PBB, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir mengatakan kepada media bahwa Raja Salman akan mengunjungi Rusia pada bulan Oktober.

“Kunjungan Salman ke Rusia akan menjadi kunjungan bersejarah, karena akan melambangkan tingkat hubungan dan konsultasi yang terjadi antara kedua negara,” kata Jubeir kepada media Rusia. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.