Rayakan Idul Adha Pascapandemi, Wapres Ajak Masyarakat Tingkatkan Rasa Syukur dan Bantu Sesama

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk dapat merayakan dengan penuh kesederhanaan dan rasa syukur atas nikmat dari Sang Pencipta, serta tidak lupa untuk membantu antarsesama.

“Mari kita rayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama,” ungkap Wapres dalam tayangan video ucapan Hari Raya Idul Adha 1444 H, Rabu (28/6).

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan keutamaan dari ajaran Idul Adha, yaitu mengenai pentingnya menjunjung tinggi kemanusiaan melalui keluasan hati yang lapang, serta berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

“Idul Adha mengajarkan tentang pentingnya menjunjung kemanusiaan dengan cara berbagi kebahagiaan oleh umat yang memiliki kelapangan,” jelas Wapres.

Baca Juga:  7 Mei Seluruh Kampus Muhammadiyah Gelar Aksi Bela Palestina

Selain itu, Wapres juga mencontohkan keteladanan dari Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam yang dikisahkan mendapatkan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail ‘Alaihissalam, sebagai bentuk kepatuhan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Keteladanan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam mengandung pesan mulia tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang tidak bercela,” sebut Wapres.

“Kepatuhannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan keikhlasannya untuk berkorban, sepatutnya menginspirasi kita untuk menjadi muslim yang utuh,” imbuhnya.

Sejalan dengan kisah tersebut, Wapres menekankan pentingnya ketaatan dan mengamalkan ajaran agama untuk memberikan kebaikan, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

“Mengamalkan perintah Allah sepenuh hati demi kebaikan diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Wapres.

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga berpesan agar kemuliaan nilai-nilai Idul Adha dapat terus diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat.

“Nilai-nilai mulia dari Idul Adha terus relevan melintasi zaman dan patut untuk terus kita semaikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” harapnya.

Pada akhir tayangan videonya, Wapres memberikan ucapan selamat merayakan Idul Adha 1444 H bagi seluruh umat muslim.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H kepada seluruh saudaraku umat Islam di manapun berada,” pungkasnya. (R/R1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.