Ribuan Pengunjung Shalat Jumat di Mushola IBF

Ribuan pengunjung laksanakan di Mushola IBF 2018. (Foto: Aliya/MINA)

Jakarta, MINA – Ribuan pengunjung pameran buku Islam (Islamic Book Fair/IBF) 2018 melaksanakan shalat Jumat di mushola yang telah disediakan tim IBF.

“Mushola yang disediakan seluas 2.000 meter itu dipadati pengunjung diperkirakan ada sekitar 10 ribuan jamaah yang melaksanakan shalat Jumat,” kata Syahruddin El-Fikri, Koordinator Humas dan Promosi IBF kepada MINA di Jakarta Convention Center () Senayan, Jakarta, Jumat (20/4).

“Khotib adalah Ustadz Bachtiar Nasir yang menyampaikan khotbah tentang literasi. Beliau menyampaikan materi khotbah yang sama dengan tema IBF yaitu Meraih Kejayaan Islam Melalui Literasi,” ujarnya.

Ia mengutip khotbah  Bachtiar : “Kalau kita mau membangun peradaban harus dimuai dengan cara berfikir yang baik. Bagaimana agar pola pikir itu terbentuk, yaitu dengan cara membaca.

“Karena banyak anjuran dalam Al-Quran supaya kita rajin membaca, bahkan ayat yang pertama kali turun menganjurkan untuk membaca. Pada intinya untuk meraih kejayaan Islam salah satu kuncinya yaitu dengan membaca,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, secara umum faktor untuk meraih kejayaan Islam yaitu, literasi, yang berikutnya menulis,

“Kalau kita ingin cerdas dalam hal lainpun seharusnya dicatat, karena ilmu itu akan lari kalau tidak dicatat, boleh kita menghafal tapi kalau kita tidak mencatat juga sebagai menjaganya maka ilmu itu akan lepas.”

“Di sinilah pentingnya diperintahkan untuk menulis, menerbitkan buku agar dibaca, supaya ilmu tidak lari, kemuadian kita bisa menyabarkannya dan untuk menciptakan manusia unggul, kita berdialog, berdiskusi, bersilaturahim membicarakan hal-hal yang positif, kalau ada sesuatu yang tidak tahu, bertanyalah,” tambahnya. (L/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.