RUSIA DUKUNG PENUH NEGOSIASI PALESTINA-ISRAEL

Lavrov dan Abbas bertemu di sela-sela Sidang ke-69 Regular Majelis Umum PBB di New York.
Menteri Luar Negeri , Sergie Lavrov dan Presiden , Mahmoud Abbas bertemu di sela-sela Sidang ke-69 Regular Majelis Umum PBB di New York, AS (Foto: en.ria.ru)

Moskow, 1 Dzul hijjah 1435/25 September 2014 (MINA) – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergie Lavrov mengatakan, Rusia akan terus mempromosikan antara Palestina dengan secara penuh pada pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Rusia sebagai anggota Kuarter akan terus mendorong proses negosiasi Palestina-Israel secara penuh dalam berbagai format multilateral, ” kata Lavrov di sela-sela Sidang ke-69 Regular Majelis Umum PBB di New York, AS. Media Rusia RIA melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurut pernyataan itu, Lavrov dan Abbas juga menegaskan pentingnya perjanjian gencatan senjata 26 Agustus lalu yang dicapai antara Israel dan Otoritas Palestina. Pemimpin Palestina memuji bantuan kemanusiaan Rusia untuk Palestina yang telah terkena dampak konflik, khususnya Gaza.

Pembentukan kabinet bersatu Palestina mendapat sambutan baik dari kalangan internasional. Salah satunya adalah Rusia yang menyatakan siap membangun komunikasi yang lebih aktif dengan pemerintah baru tersebut.

Di laman resminya juga dinyatakan, pemerintah Rusia siap berkontribusi dalam dialog antara Palestina dan Israel. Untuk itu, Rusia akan aktif terlibat bersama-sama Kuartet untuk Perdamaian Timur Tengah lainnya, yakni Uni Eropa, PBB, dan Amerika Serikat.

Para diplomat tinggi Rusia dan Palestina menganggap pentingnya upaya memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara. Kemlu Rusia sendiri telah menyatakan kesiapannya untuk membahas langkah-langkah selanjutnya demi meningkatkan dialog politik dan memperluas kerjasama yang saling menguntungkan di berbagai bidang. (T/P010/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0