Santri MI Al-Fatah Ikuti Market Day, Hasilnya Disumbangkan Palestina

Cileungsi, MINA – Santri Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Cileungsi Bogor Jawa Barat pada hari Sabtu (4/11) sangat antusias mengikuti Market Day dengan beraneka jajanan makanan di halaman Masjid At-Takwa.

Rois MI Al-Fatah Abdul Mutholib menuturkan kepada MINA. “Santri kami sangat antusias mengikuti Market Day program Ponpes Al Fatah,” kata Ustaz Mutholib bisa disapa Ustaz Bejo kepada MINA.

“Kegiatan Market Day setiap bulan kita adakan, 400 santri mengikuti kegiatan tersebut mulai dari kelas satu hingga enam,” imbuhnya.

Tidak semuanya berdagang, ada juga yang berperan sebagai pembeli. Namun saat ini siswa kelas tiga berdagang, sedangkan kelas satu hingga kelas enam sebagai pembeli.

Ustaz Bejo mengatakan, anak-anak memulai jualan dari jam 5:30 pagi, ini untuk belajar berdagang mengikut sunnah Rasulullah.

Baca Juga:  Sedikitnya 9.300 Warga Palestina Masih Ditahan di Penjara Zionis Israel

“Hasil penjualan, akan disumbangkan ke Palestina, yang saat ini mendapat tindakan kekerasan Zionis militer Israel,” kata ustaz Bejo.

Menurutnya, praktik berjualan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran menjadi pengusaha, untuk memperbanyak praktik dan terus belajar.

“Diharapkan melalui kegiatan ini siswa dapat belajar berdagang yang diajarkan Rasulullah, yakni berjualan dengan jujur. Dan nanti keuntungannya sebagian untuk disumbangkan,” katanya.

Salah satu siswa kelas tiga MI Zahida Nadifah dan temannya santri kelas 3 MI menceritakan keinginan menjadi pengusaha melalui berdagang.

Ia dan rekannya menjajakan makanan ringan, ”

Santri MI Al-Fatah Kelas 3 Mengikuti pembelajaran ‘Market Day’ di Halaman Masjid At-Takwa Cileungsi

agar cepat laku,” ujar kepada MINA.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Laksanakan Shalat Idul Adha di Semarang

Siswa-siswi secara berkelompok menjajakan makanan dan minuman secara bebas.

Terpenting menjaga higienitas, seperti sosis goreng, piscok, martabak, dan juga peralatan sekolah. Jajanan yang paling laris adalah es teh. Para wali murid ikut serta memeriahkan kegiatan ini. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf