SAUDI ARABIA TETAPKAN 1 RAMADHAN AHAD 29 JUNI

MINA-KSA HILAL2
(Gambar: Thenews.com.pk)
(Gambar: Thenews.com.pk)

Riyadh, 30 Sya’ban 1435/28 Juni 2014 (MINA) – mengumumkan bahwa hari pertama dimulai pada Ahad, 29 Juni, setelah pemantauan tidak melihat ) pada Jumat (27/6).

Khaled Al-Zaaq, anggota Ilmu Pengetahuan Antariksa dan Astronomi Persatuan Arab, mengatakan bahwa hilal tidak dapat terlihat pada Jumat sebelum matahari terbenam.

Zaaq yang juga anggota Proyek Islam untuk Rukyatul Hilal, mengatakan bahwa di sebagian besar wilayah Kerajaan Saudi, bulan tidak terlihat pada Jumat sebelum matahari terbenam, Al Arabiya News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Indonesia tetapkan puasa Ahad

Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan 1 Ramadhan 1435 Hijriyah jatuh pada Ahad, merujuk hasil pantauan hilal yang dilakukan di 63 titik di seluruh Indonesia, tidak terlihat hilal.

“Berdasarkan semua laporan ditetapkan bahwa 1 Ramadhan 1435 jatuh Ahad 29 Juni 2014,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin.

“Meski terjadi perbedaan, Pemerintah tetap menghargai umat Islam yang melaksanakan awal puasa pada hari Sabtu (28/06),” ungkap Menag.

Sidang itsbat dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Umum MUI Dien Syamsuddin dan KH. Ma’ruf Amin, Wamenag Nasaruddin, Sekjen Nur Syam, Plt. Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, dan Pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam. (T/P09/R1).
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0