SAUDI BERENCANA BANGUN GEDUNG TERTINGGI AFRIKA DI MAROKO

Carlton Centre di Johannesburg pemegang rekor gedung tertinggi Afrika terkini. Foto: Storyofbing.com
Carlton Centre di Johannesburg pemegang rekor gedung tertinggi terkini. (Foto: Storyofbing.com)

Jeddah  19 Shafar 1436/12 Desember 2014 (MINA) – Seorang investor Arab berencana membangun gedung yang terdiri atas 114 lantai di dan secara otomatis menjadi gedung tertinggi Afrika terbaru.

Pencakar langit  yang akan dibangun di Kota Casablanca dengan ketinggian 540 meter (1,782 kaki) akan lebih tinggi 223 meter daripada Carlton Centre di Johannesburg yang saat ini memegang gelar gedung tertinggi di benua itu.

“Ini akan menjadi tertinggi di Afrika,” kata manajer proyek Amede Santalo, sebagaimana dikutip Ahram dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu.

Menara itu akan dibangun oleh Pengembang Timur Tengah LCC yang berbasis di Dubai milik pengusaha Arab Saudi Sheikh Tarek Bin Laden, dan akan menghabiskan biaya sekitar satu miliar Dolar AS (sekitar 12 triliun rupiah).

Proyek dibuat dengan nama “Menara Al-Noor” (Menara Cahaya dalam bahasa Arab), namun pada akhirnya diharapkan akan dinamai Raja Mohamed VI.

“Kami memilih Maroko karena merupakan pintu gerbang ke Afrika dan Eropa, negara modern dengan politik yang stabil,” kata Santalo.

Menara itu dijadwalkan selesai pada Juni 2018.

“Menara tinggi ini dibangun dengan tinggi 540 meter untuk mengingatkan kita bahwa Afrika memiliki 54 negara. Semua orang di Afrika akan merasa menjadi bagian dari menara itu,” katanya.

Pernyataan menambahkan, dengan memiliki 114 lantai, angka itu berdasarkan jumlah surat dalam Al-Quran dan bagian depan bangunan akan dihiasi oleh keberagaman pola yang mewakili 1.000 bahasa Afrika.

Menara akan dibangun di atas tanah seluas 25 hektar dan akan berisikan sebuah hotel berbintang tujuh, pusat bisnis, dan pusat perbelanjaan.

Casablanca, pusat komersial Maroko, memiliki menara masjid tertinggi di dunia yang mencapai 210 meter, di Masjid Hassan II.

Menara tertinggi di dunia saat ini dipegang Gedung Burj Khalifa (828 meter) di Dubai, yang  beroperasi pada Januari 2010.(T/R04/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0