Seratus Pasangan Ikuti Nikah Massal di Dataran Merdeka Malaysia

(Foto: FB MAIWP)

Kuala Lumpur, MINA – Seratus pasangan pengantin, terdiri dari fakir miskin dan mualaf, mengikuti massal yang digelar Wilayah Persekutuan (MAIWP) di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Ahad (29/1).

MAIWP merupakan lembaga regulator di Malaysia yang memiliki wewenang dan tanggung jawab memajukan wakaf.

Pelaksanaan nikah massal ini bersamaan dengan penyelenggaraan Karnaval MAIWP 2023, Upacara Walimatul Urus Perdana kali ini bertema “Adat Nostalgia Kejayaan Islam Melayu”.

Dalam keterangan resmi MAIWP yang diterima MINA, Senin, para peserta kedua mempelai pengantin menerima gaun pengantin dan perhiasan masing-masing.

Menariknya, 100 pasangan pengantin baru diarak dengan menaiki bus bertingkat yang memiliki dek terbuka, Hop on Hop Off KL, sekitar Jalan Raja Laut menuju lokasi karnaval di Dataran Merdeka dan juga disandingkan di mimbar yang telah disediakan.

Selain itu, mereka juga menerima uang tunai RM2.000 (sekitar Rp7 juta) per pasangan pengantin. Dalam akad nikah tersebut, dua mempelai dinikahkan oleh Direktur JAWI, Datuk Mohd Ajib bin Ismail.

Skema bantuan perkawinan merupakan salah satu skema bantuan zakat dari 30 skema bantuan yang ditawarkan oleh MAIWP.

Bantuan ini diperkenalkan sejak 2006 dengan tujuan untuk meringankan beban calon mempelai dalam menyelenggarakan upacara walimatul urus.

Bantuan yang dibagikan berjumlah antara RM3.000 (sekitar Rp10,6 juta) dan RM5,000 (sekitar Rp17,67 juta).

Pada 2022, MAIWP telah membantu sebanyak 412 penerima manfaat dengan pengeluaran sebesar RM1,08 juta atau sekitar Rp.3,82 miliar.

MAIWP hingga Desember 2022 telah menyalurkan dana zakat sebanyak RM855,51 juta atau sekitar Rp3,02 triliun kepada asnaf yang membutuhkan.

Dari jumlah itu, RM533,61 juta atau sekitar Rp1,88 triliun disalurkan melalui penyaluran zakat langsung melalui skema bantuan zakat dan zakat tidak langsung, sedangkan RM30,86 juta atau sekitar Rp109,05 miliar disalurkan melalui lembaga pendidikan di bawah MAIWP.

Turut hadir dalam acara ini Senator YB Dato’ Setia Dr. Haji Mohd Na’im Mokhtar, Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama); YBhg. Tan Sri dr. Mohd Daud Bakar, Ketua MAIWP; YBhg. Datuk Hajah Saraya binti Arbi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya; dan Mohd Nizam Haji Yahya, Pejabat Eksekutif Tertinggi MAIWP.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.