Selama Ramadhan, Majelis Hukama Muslimin Kirim Dai ke Sejumlah Negara

Majelis Hukama Muslimin bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa 18 Maret 2024 (Foto: Kemenag RI)

Jakarta, MINA – Selama 1445H untuk mensyiarkan nilai-nilai , (MHM) mengirimkan dai ke sejumlah negara seperti Indonesia, Malaysia, Kazakhstan, Jerman, dan Italia.

Demikian Sekretaris Jenderal MHM Konselor Mohamed Abdelsalam dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (19/3). “Tujuan dari misi keagamaan ini adalah untuk mempromosikan nilai-nilai toleransi dan hidup berdampingan atau koeksistensi secara damai, serta mencapai integrasi positif sambil menjaga identitas ,” katanya.

Abdelsalam mengatakan, di negara-negara tersebut, para dai/penceramah mengambil peran memimpin shalat, membacakan Al-Qur’an, dan menyampaikan ceramah keagamaan kepada jamaah.

Upaya ini, kata dia, dirancang untuk memperkuat hubungan antarumat Islam di seluruh dunia, meningkatkan kesadaran beragama, mendorong integrasi positif ke dalam komunitas, dan melindungi dari ideologi ekstremis.

“Langkah ini diharapkan dapat melindungi mereka dari cengkeraman kelompok kekerasan dan teroris,” ujarnya.

Majelis Hukama Muslimin di bawah kepemimpinan Grand Syekh Al Azhar, Imam Akbar Ahmed Al-Tayeb, berupaya menghubungkan umat Islam dengan dasar-dasar agama dan keyakinan masing-masing kelompok.

Hal ini bertujuan meningkatkan pemahaman yang benar tentang Islam dan meningkatkan kesadaran mereka mengenai metode etis untuk menghadapi tantangan yang dihadapi masyarakat Muslim di seluruh dunia, terutama di tengah meningkatnya fenomena Islamofobia.

“Program ini juga bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai dan tradisi agama Islam, dan bagaimana menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama bekerja sama dengan Majelis Hukama Muslimin dalam program Syiar Ramadhan dan Persaudaraan Manusia dengan mendatangkan dai dan qari dari Al Azhar Asy-Syarif, Mesir.

Ada enam penceramah dan ahli Al-Qur’an dan Hadist yang didatangkan dari negeri piramida itu, yaitu Syeikh Shalahuddin el-Syami, Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan, Syeikh Sya`ban Abdul Fattah Uweis Muhammad.

Kemudian, Syeikh Ahmad Muhammad Hasan, Syeikh Muhammad Sayyid Sulaiman Abdul Qadir, dan Syeikh Syarif Abdul Waris Mahmud Ali.

Selama Ramadhan 1445 Hijriyah, mereka akan bertugas di Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap Syiar Ramadhan ini berjalan lancar dan mampu membuat umat Muslim Indonesia makin mendalami ilmu agama dan memiliki pemahaman keagamaan yang semakin terbuka. “Ini program penting. Semoga bisa dilanjutkan tahun mendatang,” kata Yaqut. (R/R4/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.