Serikat Perempuan di Manipur India Gelar Protes Atas Kekerasan

New Delhi, MINA – Serikat perempuan Persatuan Bharti Kisan (Ekta Ugrahan) pada hari Ahad (6/8) menggelar aksi protes terhadap pemerintah pusat pimpinan Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) atas kekerasan di negara bagian Manipur, India.

Peserta aksi mengangkat slogan protes dengan berbaris dari PUDA Bhawan di Mohali menuju Chandigarh untuk menyerahkan memorandum kepada Gubernur Punjab Banwarilal Purohit.

Namun aksi mereka dihentikan oleh polisi di dekat Penjara Model, Sektor 51. Hindustan Times melaporkan.

Setelah negosiasi dialo, polisi dari Chandigarh dan Mohali akhirnya mengizinkan sebuah bus perwakilan peserta demo untuk berangkat ke Kantor Gubernur Punjab.

Pemimpin aksi, Harinder Kaur Bindu mengatakan delegasi menyerahkan memorandum, menuntut keamanan bagi perempuan dan langkah membangun kepercayaan yang luas untuk memulihkan persatuan di antara berbagai komunitas Manipur.

Sekretaris jenderal serikat Sukhdev Singh Kokri Kalan mengatakan, sebelumnya ratusan wanita berkumpul di rapat umum di dekat PUDA Bhawan dan menuntut tindakan terhadap kepala menteri Manipur Biren Singh, karena gagal mengendalikan kekerasan.

Mereka juga menuntut hukuman tegas bagi massa yang melakukan kekerasan terhadap perempuan di Manipur. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf