Mahkamah Agung India Akan Dengarkan Petisi Kekerasan Etnis di Manipur

Manipur, MINA – Mahkamah Agung India akan mendengarkan sejumlah petisi terkait kekerasan etnis di negara bagian Manipur, timur laut India.

Petisi termasuk satu dari dua wanita yang diarak dan mengalami pelecehan seksual, yang viral dalam video dan memicu kemarahan. Saudi Gazette melaporkan, Senin (31/7).

Video viral menunjukkan dua wanita diarak telanjang dan dianiaya oleh massa. Mereka diserang pada awal Mei, ketika kekerasan dimulai di Manipur, tetapi baru menjadi berita utama bulan Juli.

Petisi mereka berisi permintaan pengadilan terhadap perlindungan identitas mereka.

Petisi lain datang dari pemerintah federal, yang telah meminta Mahkamah Agung untuk memindahkan persidangan kasus tersebut ke luar negara bagian dan menyelesaikannya dalam enam bulan.

Kekerasan di negara bagian Manipur antara anggota mayoritas Meitei dan komunitas suku minoritas Kuki telah menewaskan sedikitnya 130 orang dan membuat puluhan ribu orang mengungsi selama tiga bulan terakhir.

Para wanita dalam video tersebut adalah Kukis, sedangkan para pria yang mengelilingi mereka berasal dari kelompok Meitei.

Menurut pengaduan polisi yang diajukan beberapa hari setelah kejadian, salah satu wanita juga diperkosa beramai-ramai.

Polisi sejauh ini telah menangkap tujuh orang sehubungan dengan kasus tersebut, tetapi penangkapan pertama baru dilakukan pada 20 Juli, sehari setelah video itu menjadi viral.

Para pemimpin oposisi menuduh pemerintah Perdana Menteri Narendra tidak berbuat cukup untuk mengatasi krisis di Manipur. Partai Bharatiya Janata (BJP) Modi juga berkuasa di negara bagian itu.

Modi hanya mengomentari krisis di Manipur secara terbuka setelah videonya dipublikasikan.

Dia mengatakan insiden itu telah mempermalukan negara dan bahwa yang bersalah tidak akan terhindar. Dia belum mengunjungi negara bagian itu.

Mosi Tidak Percaya

Para pemimpin oposisi telah mengajukan mosi tidak percaya terhadap pemerintah Modi, dan mereka akan memaksanya untuk berbicara di parlemen tentang bentrokan etnis tersebut.

Akhir pekan kemarin, delegasi anggota parlemen oposisi yang beranggotakan 21 orang mengunjungi Manipur untuk menilai situasi.

Sebuah memorandum yang diserahkan oleh mereka kepada gubernur negara bagian menandai “kerusakan total hukum dan ketertiban” di Manipur dan kondisi kamp bantuan yang menyedihkan.

Delegasi tersebut menuduh bahwa pemerintah federal dan negara bagian telah gagal melindungi kehidupan orang-orang dari kedua komunitas tersebut. Mereka juga mengkritik ketidakpedulian Modi tentang masalah ini.

Anurag Thakur, seorang menteri federal dari BJP, mengkritik kunjungan tersebut, dan menyebutnya sebagai “pariwisata politik”.

Dia mengklaim bahwa pemerintahnya siap untuk membahas masalah Manipur sejak “hari pertama” sesi parlemen yang sedang berlangsung dan menuduh oposisi “melarikan diri” darinya.

Pekan lalu, Menteri Dalam Negeri Amit Shah mengatakan polisi federal akan menyelidiki kasus terkait video viral tersebut.

Dia juga mengatakan lawan bicara telah “membuat kemajuan yang baik” dalam mengadakan pembicaraan dengan perwakilan dari komunitas Kuki dan Meitei. (T/RS2/p2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.