SISWI MAN INSAN CENDEKIA RAIH MEDALI PERUNGGU OLIMPIADE BIOLOGI

(Foto: Kemenag)
(Foto: )

Jakarta, 7 Syawwal 1436/23 Juli 2015 (MINA) – Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyyah memberi warna berbeda bagi keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong binaan Kementerian . Pasalnya, salah satu siswa MAN IC Serpong itu berhasil meraih medali perunggu pada kompetisi  International Biology Olympiad (IBO) di Aarthus, Denmark yang digelar 12-19 Juli lalu.

“Nagita Gianty Annisa, siswa MAN IC yang masuk dalam Tim Olimpiade Indonesia dan mewakili Indonesia bersama tiga teman lainnya dari sekolah yang berbeda, berhasil meraih medali perunggu pada ajang IBO,” kata  Kepala MAN IC Serpong Parsahini Sidik di Jakarta, sebagaimana keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dikabarkan, Nagita akan melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, sebagai hadiah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas prestasinya ini.

Baca Juga:  Yuk Semangat, Ini Keutamaan Dakwah di Jalan Allah

IBO adalah ajang lomba tahunan tentang tes praktikum dan teori bidang biologi. Pada tahun ini, IBO diikuti oleh 241 siswa dari 61 negara.

Rombongan Tim Olimpiade Biologi Indonesia itu sampai di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,  pada pada Senin (20/7) lalu sekitar pukul 16.45 WIB, disambut oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Banten Agus Salim, Kepala MAN IC serpong Parsahini Sidik, orangtua Nagita, serta tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Penny—panggilan akrab Parsahini Sidik, sejak awal masuk MAN IC, minat Nagita terhadap Biologi sudah tampak. Hal itu terlihat dari keaktifan remaja kelahiran Jakarta, 1 November 1997 itu dalam mengikuti klub studi Biologi di MAN IC, hingga akhirnya terseleksi di tingkat Tangerang Selatan sampai tingkat Nasional pada September 2013 lalu.

Baca Juga:  Kuota Terpenuhi, Masyarakat Diimbau Jangan Tertipu Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji

“Nagita, anaknya rajin me-resume mata pelajaran Biologi. Tulisan tangannya tentang mapel Biologi itu satu bundel sendiri. Dia tekun, rajin dan aktif dalam pembinaan. Tidak pernah bolos dalam pembinaan. Selain itu, kemampuan bahasa Inggris-nya juga baik. Sehingga dengan mudah dia bisa merujuk kepada referensi berbahasa Inggris dalam mendalami Biologi. Mungkin inilah salah satu kunci kesuksesan dalam meraih medali perunggu,” ujar Penny dengan bersemangat.

“Selain itu, sejak kelas X Nagita selalu mendapatkan rangking 1. Dia juga pernah ikut OSN 2013 di Bandung dan mendapatkan medali perunggu. Di tahun ini, Nagita lulus dariMAN IC Serpong dan termasuk siswi dengan nilai UN terbaik,” tambah Kepala MAN IC Serpong tersebut.

Baca Juga:  Yuk Semangat, Ini Keutamaan Dakwah di Jalan Allah

Dimintai tanggapannya terkait prestasi ini, Nagita mengaku senang bisa mengikuti Olimpiade Internasional. “Saya senang ikut olimpiade ini. Karena bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara dan mendapatkan teman-teman baru, serta pengalaman yang sangat berharga,” kesan Nagita, anak pertama pasangan Hermansyah (49) dan Triyani Yuningsih (46).

Kepada adik-adik kelasnya, Nagita berpesan agar siswa madrasah terus belajar dan berprestasi di bidang mana pun yang disukai dan tetap yakin bahwa kita bisa meraih kesuksesan.

Berkat prestasinya ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan penghargaan berupa beasiswa penuh untuk Nagita dan tiga teman lainnya untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Info terakhir, Nagita diterima di Fakultas Kedokteran Univeritas Indonesia melalui jalur SNMPTN. Selamat buat Nagita Gianty Annisa.(T/R05/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0