Siswi Gaza Raih Peringkat Pertama Ujian Nasional

, MINA – Siswi SMA Gaza, Alaa Zaher Ahmed meraih peringkat pertama dengan nilai 99,7% pada nasional. Keberhasilan ini membuat dirinya terkejut karena tak pernah dibayangkan dalam kondisi serba sulit saat ini.

“Ini sangat mengejutkan, saya sendiri tak pernah menghitung nilai itu,” kata Alaa Zaher seperti dikutip Safa, Selasa (3/8).

Menuriutnya, tahun ajaran ini sangat sulit, karena dimulai dengan penutupan sekolah akibat pandemi Corona, dan siswa terputus dari sekola, para siswa menerima jarak jauh, sebelum menjadi paruh waktu, kemudian juga terjadi agresi Israel yang sangat berfampak terhadap pendidikan.

Alaa Zaher mengungkapkan, dirinya memulai masuk sekolah menengah tiga tahun lalu, dengan mengikuti tes Alquran lengkap dan mendapat hasil sangat bagus, dengan nilai tinggi.

“Saya mendedikasikan kesuksesan saya untuk ibu saya, ayah saya, seluruh rakyat , dan para martir yang mengorbankan hidup mereka, karena tanpa mereka kita bukan apa-apa,” terangnya.

Dia mengirim pesan kepada mereka yang tidak beruntung dengan hasil ujian sekolah menengah, hasil ujian atau Tawjihi bukan segalanya, maka janga putus asa jika hasilnya belum baik.

“Hasil Tawjihi bukanlah akhir dunia. Jangan hentikan hidupmu di atasnya,” ucapnya.

Kementerian Pendidikan Palestina pada Selasa (3/8) pagi, mengumumkan hasil ujian menengah umum (Tawjihi) di gubernur Yerusalem, Tepi Barat dan Jalur Gaza, dan sekolah-sekolah Palestina di luar negeri untuk tahun ajaran 2020/2021.

Direktur Jenderal Pengukuran, Evaluasi, dan Ujian Kementerian Pendidikan, Muhammad Awad dalam jumpa pers mengatakan, jumlah pendaftar di seluruh bidang pendidikan mencapai 82.924 peserta, dan jumlah peserta yang lolos sebanyak 59.182 dengan angka 71,37%.”

Awwad menjelaskan, tingkat keberhasilan pada bidang keilmuan 85,6%, sastra 65,2%, kewirausahaan 71,6%, dan profesional 71,2%. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)