Sumbar Adakan “Gerakan Nagari Membaca Untuk Mambangkik Batang Tarandam”

(Arsip)

Padang, 25 Rabi’ul Awwal 1438/ 25 Desember 2016 (MINA) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Yayasan Membaca Indonesia akan melakukan “gerakan nagari membaca untuk membangkit batang tarandam”.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan dengan maka Minangkabau bisa terus melahirkan kaum cadiak pandai (intelektual).

“Pemprov bersama Yayasan Gemar Membaca Indonesia mempunyai harapan, agar Minangkabau terus melahirkan kaum Cadiak Pandai, masyarakat yang melek membaca, rajin studi pustaka literasi dan lain sebagainya,” ujarnya dalam akun facebook yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (25/12).

Gubernur Irwan melanjutkan, sebagai salah bentuk kegiatan, di awal tahun depan akan diadakan .

“Event ini juga disiapkan untuk memberikan stimulus penerbitan buku-buku berkualitas, memupuk para penulis amatir hingga profesional,” kata Gubernur Irwan.

Selain itu, agar Gerakan Nagari Membaca ini bisa mengakar di masyarakat, akan diundang Wali Nagari se-Sumatera Barat untuk berdiskusi dan membersamai peluncuran gerakan ini. Walikota dan Bupati diminta juga untuk menyukseskan acara ini.

“Dengan meningkatkan minat membaca, literasi, dialog keilmuan, diharapkan akan melahirkan para cendikia yang mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara ini di bidangnya masing-masing,”pungkasnya. (L/R07/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.