Surat Berharga Syariah MAN Palangka Raya Berdampak Tingkatkan Prestasi Siswa

Palangka Raya, MINA – Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahmad Fauzi, mengatakan, keberadaan gedung asrama yang dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara () ikut berdampak pada meningkatnya prestasi siswa.

Salah satu prestasi yang diraih siswa MAN Kota Palangka Raya berhasil meraih medali pada Kompetisi Sains Nasional () tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Walaupun masih memperoleh perunggu atau juara 3. Demikian keteranga yang diterima MINA Jum’at (25/12).

“Alhamdulillah MAN Kota berhasil menorehkan prestasinya di KSN tersebut,” katanya.

Menurutnya, KSN yang dulunya bernama OSN (Olimpiade Sains Nasional) adalah salah satu kejuaraan bergengsi di bidang sains yang digelar Kemendikbud. KSN tingkat nasional diikuti para siswa terbaik dari sekolah dan madrasah unggulan.

Baca Juga:  Pj Gubernur Jateng Dorong Ulama Didik Pemuda dengan Agama

“MAN Kota Palangka Raya menjadi satu-satunya wakil Kalteng yang mendapat medali KSN,” ujarnya.

Prestasi siswa MAN Kota Palangka Raya, ikut berhasil mengangkat peringkat Kalteng di ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat nasional. Atas sejumlah medali yang diraih, Kalteng yang awalnya bertengger di urutan 34, tahun 2020 naik di urutan 19.

Ia menjelaskan, prestasi siswanya tidak diperoleh secara instan. Mereka tekun belajar dan berlatih, serta mengikuti setiap kompetisi. Di ajang KSN tingkat Kota Palangka Raya yang diselenggarakan Dinas Pendidikan misalnya, MAN Kota Palangka Raya berhasil memperoleh juara 1 bidang Ekonomi, Kebumian, Fisika, Biologi, Geografi, dan Matematika.

Di tingkat provinsi, siswa MAN Kota Palangka Raya juga berhasil meraih juara 1 Ekonomi atas nama Gayska Vetotama, juara 1 Kebumian atas nama Muhammad Syaiful Bahri. Sedangkan di tingkat nasional yang berhasil memperoleh perunggu atau juara 3 adalah Gayska Vetotama bidang Ekonomi.

Baca Juga:  Indonesia Lolos Final Uber Cup 2024

“Tentu saja kita bangga. Kami berharap agar prestasi ini semakin memacu anak-anak untuk berprestasi,” pungkasnya. (R/SH/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.