Suriah akan Tahan Serangan Turki, Pasukan Sudah Masuk Manbij

Damaskus, MINA – Pasukan Pemerintah Suriah memasuki kota utama Suriah Manbij, kantor berita nasional SANA melaporkan Senin (14/10), setelah Pemerintah Damaskus mengerahkan pasukan ke utara untuk menahan serangan Turki yang sudah berlangsung hampir sepekan.

Manbij dikendalikan oleh Dewan Militer yang terkait dengan pemerintahan Kurdi, kelompok yang diperangi oleh Turki dalam operasi militernya.

Seorang pejabat lokal di Manbij mengkonfirmasi bahwa pasukan pemerintah telah masuk ke Manbij dan dikerahkan di garis depan.

Tentara Suriah telah mengirim sejumlah pasukan di sekitar Manbij tahun lalu atas permintaan pasukan Kurdi untuk melindungi daerah itu dari serangan Turki.

Namun pengerahan terbaru adalah yang paling signifikan oleh Pemerintah Damaskus karena mereka harus menarik diri dari kota di provinsi Aleppo.

Baca Juga:  Kelompok HAM: China Hapus Istilah Agama dan Budaya Uighur

Pengerahan pasukan itu sebagai bagian dari kesepakatan baru-baru ini yang dicapai antara Kurdi dan Damaskus.

Pasukan pemerintah dikerahkan di beberapa daerah yang dikuasai Kurdi di utara Suriah pada Senin untuk melindungi wilayah itu dari serangan padukan Turki dan milisi pendukungnya.

Koresponden salah satu kantor berita Perancis di Manbij mengatakan, pasukan pro Turki di Suriah berkumpul di tepi barat kota pada Senin, sebelum melancarkan serangan yang direncanakan.

Manbij adalah bekas benteng kelompok ISIS yang sekarang dipegang oleh Dewan Militer Manbij pimpinan Kurdi. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori