Tentara Israel Mundur dari Khan Younis

Kondisi wilayah Khan Younis, Gaza selatan (foto: Anadolu Agency)

Gaza, MINA – dilaporkan mundur dari wilayah pertempuran di kota , Gaza selatan, Ahad (7/4).

“Divisi ke-98, dengan tiga brigadenya menarik diri dari Khan Younis tadi malam setelah operasi di sana berakhir dalam pertempuran yang telah berlangsung selama empat bulan.” Army Radio melaporkan seperti dikutip Anadolu Agency.

Media Israel itu menambahkan, hanya Brigade Nahal yang masih tersisa di Gaza dengan tanggung jawab menjaga koridor untuk mencegah warga Gaza kembali ke utara.

Sementara itu, sumber-sumber lain melaporkan, tentara pendudukan Israel terpaksa mundur dari semua wilayah barat kota Khan Younis.

“Pada tahap manuver ini, tentara Israel telah menyelesaikan operasinya di Khan Younis dan tentaranya sudah keluar dari sana,” kata Channel 12 Israel.

“Pasukan yang terdiri dari empat brigade berbeda kini ditempatkan di koridor kemanusiaan dan di Jalur Gaza Utara, wilayah Beit Hanoin,” tambah laporan itu.

Sebelumnya, Brigade Izz al-Din al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam, Hamas menewaskan 14 tentara pendudukan Israel dan beberapa luka-luka dalam operasi khusus yang dilakukan, Sabtu (6/4) di Khan Younis, Jalur Gaza.

Brigade Al-Qassam mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Quds Press, pejuangnya membunuh sembilan tentara Israel dan melukai lainnya di daerah Al-Zinna, timur Khan Younis.

Sedangkan lima tentara pendudukan Israel tewas dari jarak nol oleh pasukan pejuang di lingkungan Al-Amal, barat Khan Younis.

Para pejuang Palestina juga menghancurkan empat tank Merkava Israel dengan peluru Al-Yassin 105. (T/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.