Tiga Ekor Harimau Sumatera Terlihat di Perkebunan Warga

Banda , MINA – Sebanyak tiga ekor harimau Sumatera dilaporkan turun ke desa Alu Rambot, Kabupaten , Aceh. Tiga ekor harimau tersebut sudah berada di desa setempat sejak tanggal 19 September yang lalu.

“Sudah sejak Rabu kemarin kami melihat tiga ekor harimau, kami dihadang saat mengambil sawit,” kata Kamal salah seorang warga Nagan Raya, Jum’at (21/9).

Saat ini, Kamal bersama sejumlah rekannya sedang berada didalam truk melintasi perkebunan sawit, Kamal juga sempat mengabadikan harimau yang terlihat jelas berada di pinggiran jalan tersebut.

Kamal mengatakan, ketika melihat kawanan harimau Sumatera tersebut, kendaraan yang mereka tumpangi, kemudian dihentikan. Kamal dan sejumlah rekannya tidak berani lagi melanjutkan perjalanan.

“Lokasinya itu dekat sekali dengan pemukiman warga, kurang lebih jaraknya itu ada 10 Kilometer,” terang Kamal.

Binatang itu turun ke jalan diduga karena kawasan hutan habitat mereka terusik oleh aktivitas perusahaan perkebunan sawit, yang sedang melakukan peremajaan, ditambah lagi dengan adanya pembukaan lahan baru oleh masyarakat di kawasan hutan.

Informasi dihimpun dari sejumlah masyarakat Desa Alu Rambot dan Desa Krueng Alem, Kecamatan Darul Makmur, warga melihat satwa-satwa itu sudah berada di lokasi dekat dengan perkampungan warga. sejak beberapa pekan terakhir. Mereka turun dan bermain di kawasan pegunungan dan kebun sawit.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam () Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan, pihaknya bersama Wildlife Conservation Society (WCS) sudah turun ke lokasi tersebut, untuk melakukan pengecekan.

Setelah itu, tim BKSD akan menentukan sikap terhadap tiga ekor Harimau Sumatera tersebut, sehingga bisa diselamatkan.

“Tim kita sama WCS akan cek dulu ke lokasi, nanti baru kita tentukan, masih bisa dengan pengusiran atau harus ditranslokasi,” kata Sapto. (L/AP/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.