Tim Sepak Bola Irlandia Tunjukkan Dukungan untuk Palestina Lewat Jersey Barunya

Jersey baru Tim sepak bola Irlandia, Bohemian FC, yang tunjukan dukungan untuk Palestina.(Foto: Bohemian FC)

Dublin, MINA – Tim sepak bola , Bohemian FC, merilis jersey baru untuk mengumpulkan dana bagi inisiatif olahraga yang mendukung pengungsi Palestina di sebuah kamp di Tepi Barat yang diduduki.

Klub yang bermarkas di Dublin itu pekan lalu mengumumkan, mereka merilis Jersey tersebut bekerja sama dengan badan amal ‘Palestine: Sport for Life’, untuk mendukung akses olahraga bagi anak-anak di kamp Tulkarm di Tepi Barat, New Arab melaporkannya, Selasa (21/2).

Klub Divisi Utama Liga Irlandia itu mengatakan sepuluh persen keuntungan dari jersey, yang menampilkan warna bendera Palestina tersebut akan digunakan untuk menyediakan peralatan olahraga lewat badan amal yang berbasis di Ramallah itu.

Bohemians dibentuk pada tahun 1890 dan merupakan salah satu klub dengan dukungan terbaik dan tersukses di Irlandia.

“Sepak bola memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menjadi kekuatan kebaikan di seluruh dunia,” kata Daniel Lambert, COO Bohemian FC dalam sebuah pernyataan.

“Jersey 2023 ini bertujuan untuk mengumpulkan kekuatan dari Irlandia dan membantu anak-anak di Palestina yang menghadapi tantangan tak terbayangkan serta pelanggaran setiap hari,” tambahnya.

Tamara Awartani, salah satu pendiri dan Direktur ‘Palestine: Sport for Life’, mengatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk pekerjaan mereka di Tulkarm, yang berfokus pada pemberdayaan perempuan, terutama di daerah yang terpinggirkan dalam hak mereka untuk bermain sepak bola dan mengembangkan kecakapan hidup melalui kesempatan pendidikan yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kamp Tulkarm, di utara kota dengan nama yang sama di Tepi Barat yang diduduki, didirikan pada 1950, dua tahun setelah ratusan ribu diusir dari rumah mereka oleh pasukan Israel selama peristiwa yang dikenal sebagai Nakba.

Kamp padat penduduk itu hanya memiliki sedikit ruang untuk anak-anak berolahraga atau bermain, kata Bohemian FC.

Ada sejarah panjang dukungan publik untuk Palestina di Irlandia dan di seluruh dunia, solidaritas dengan isu ini telah diambil alih oleh klub sepak bola di seluruh dunia.

Pada Piala Dunia di Qatar tahun lalu, para suporter dan pemain dari Maroko tidak malu-malu mendukung, mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina.

Bohemian FC baru-baru ini juga merilis jersey untuk mendukung gerakan ‘Selamat Datang Pengungsi’. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.