Tokoh Irak Kritik Negara-negara Arab Gagal Dukung Palestina

Baghdad, MINA – Tokoh , Muqtada Al Sadr mengkritik negara- yang dinilai gagal memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina usai perang tentara pendudukan Israel dan pasukan pejuang Palestina Hamas pecah sejak akhir pekan lalu.

Ia juga mengecam para pemimpin negara Arab, sebab tak memberikan dukungan yang maksimal untuk Palestina. Bahkan menyebut mereka “sebagai sumber aib dan memalukan.” dikutip Al Jazeera, Jumat (13/10).

Pemimpin Irak ini juga menyinggung kebijakan standar ganda yang diterapkan sejumlah pihak, terutama Barat, terkait konflik di Palestina dan dibandingkan dengan perang di Ukraina.

“Semua negara bergegas mendukung Ukraina. Mengapa tak melakukan hal yang sama untuk Gaza,” imbuh Al Sadr.

Selain itu, Al Sadr juga menyoroti negara-negara Arab yang menormalisasi hubungan dengan Israel. Beberapa negara itu yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, Maroko, Yordania, hingga Mesir.

“Itu tidak ada manfaatnya,” tegas Al Sadr. Belakangan ini, Israel juga membujuk Arab Saudi untuk membuka hubungan dengan mereka.

Saudi menunjukkan tanda-tanda bersedia normalisasi, tetapi dengan syarat. Mereka meminta penyelesaian konflik di Palestina masuk dalam syarat buka hubungan ini. (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.