Turki Diduga Lancarkan Serangan Gas di Afrin Suriah

Ilustrasi: pria terkena paparan gas beracun di Suriah. (Foto: dok. lemonde.fr)

Afrin, MINA – Militer Turki diduga melakukan serangan gas yang melukai enam orang di wilayah Afrin, Suriah, hari Jumat (16/2), menurut sebuah kelompok pemantau dan pasukan Kurdi.

Direktur Umum Rumah Sakit di Afrin, Jiwan Mohammad mengatakan, enam orang telah tiba di ruang gawat darurat dengan kondisi sulit bernapas, terbatuk-batuk, dan terbakar di sekujur tubuhnya.

“Kami telah memperlakukan mereka dan mengamatinya sekarang. Kami menyimpan pakaian mereka untuk diuji,” kata Mohammad, The New Arab melaporkan.

Dia menambahkan bahwa gejala mereka sejalan dengan paparan gas beracun.

Mohammed menambahkan, para korban tiba dengan mobil sipil dari Al-Sheikh Hadid, sebelah barat kota Afrin. Warga mengatakan kepada petugas medis bahwa ada penembakan di desa mereka.

Turki dan sekutunya oposisi Suriah telah melakukan serangan hampir sebulan penuh terhadap Unit Perlindungan Rakyat (YPG) Kurdi yang mengendalikan wilayah Afrin.

“Penembakan dari salah satu faksi Turki atau sekutu menyerang Al-Sheikh Hadid dan menyebabkan enam orang kesulitan bernafas,” kata kepala lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami Abdel Rahman.

Namun, Abdel Rahman tidak bisa memastikan apakah gas beracun telah digunakan.

Belum ada komentar langsung dari militer Turki yang sebelumnya membantah tuduhan menargetkan warga sipil dalam operasi Afrin. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf