UAR Korwil Jambi dan Padang Akan Buka Posko di Pasaman Barat

Jambi, MINA – Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Koordinasi Wilayah Jambi akan buka posko khusus untuk membantu warga yang dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,1, yang mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Kami bersama UAR Korwil Padang dengan personil 5 orang, berkoordinasi untuk mendapatkan data dan informasi (assesmen), ke lokasi ,” jelas  Ketua Koordinator Wilayah UAR Jambi Hudalkhakim kepada MINA, Senin (28/2).

Ia mengatakan, bahwa UAR rencana akan dibuka posko khusus bantuan untuk warga terdampak di lokasi bencana, Kota Kajai, Pasaman Barat, Sumbar. Kemudian akan dilanjutkan mengirim 25 pesonil UAR Korwil Jambi.

“Adapun rencana yang akan dilakukan di lokasi gempa diantaranya, melakukan trauma healing pasca gempa kepada warga, dan membangun kembali masjid dan musholla serta bangunan sekolah yang  rusak akibat gempa,” imbuhnya.

Baca Juga:  Menpora Dukung Pengembangan Olahraga Panahan Berkuda

Masjid dan mushola menjadi pusat keagamaan ibadah dan kegiatan masyarakat, bangunan sekolah untuk menimba ilmu anak-anak.

Wilayah Jambi menjadi salah satu cabang Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) dengan alamat lokasi kantor Ponpes Hafidz Al-Fatah, Jl. Lintas Sumatera, Km.24. Teluk Kecimbung, Bathin VIII, Sarolangun. Jambi.

Kiprah UAR dalam membantu penanggulangan bencana di Indonesia telah berlangsung lebih dari 15 tahun. Berawal dari bencana Tsunami Aceh, penerjunan sejumlah tim relawan yang berasal dari  Ponpes Al Fatah Cileungsi Bogor ke Aceh menjadi embrio terbentuknya UAR. Saat itu relawan tergabung dalam tim Relawan Al Fatah untuk Aceh.

Sejak itu hampir setiap bencana  rutin mengirimkan para relawannya. Diantaranya gempa Nias 2005, gempa Jogjakarta 2006 dan gempa Padang 2009, Erupsi Merapi, Palu, Mamuju dan Erupsi Semeru. (L/R4/P1)

Baca Juga:  TNI AL Resmikan Dua Kapal Perang

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.