UEA Bantu Yaman Senilai Rp. 15,4 Triliun

Abu Dhabi, 8 Dzulqa’dah 1437/11 Agustus 2016 (MINA) – Uni Emirat Arab () telah memberikan bantuan untuk Yaman senilai 4,34, miliar Dirham Emirat atau lebih dari Rp15,4 triliun yang disalurkan selama 16 bukan terakhir antara April 2015 dan Juli 2016

Bantuan ini merupakan bagian dari upaya untuk meletakkan dasar bagi pembangunan, keamanan, stabilitas dan perdamaian di negara itu.

Menurut Reem Al-Hashimy, Menteri Negara untuk Kerjasama Internasional EUA, bantuan adalah bagian dari pendekatan kemanusiaan UEA untuk membantu orang-orang Yaman, seperti dilaporkan The National Rabu (10/8).

“UEA berada di garis depan dari negara-negara yang segera mengirim bantuan dan Yaman dalam mengahadapi krisis saat ini, dan untuk mendukung pembangunan, stabilitas dan kesatuan,” kata Al-Hashimy.

Menurutnya, hal itu adalah salah satu pilar dasar kebijakan luar negeri UEA di bawah arahan Presiden Sheikh Khalifa, Wakil Presiden dan Amir Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid, Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed, dan Deputi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata.

Tercatat lebih dari 160.000 ton makanan dan sekitar 111.000 ton obat-obatan dan perlengkapan medis, serta ambulans dan peralatan medis lainnya telah dikirim ke Yaman.

Emirat juga menanggung biaya operasional dan pasokan pembangkit energi, menyediakan bahan bakar dan gas untuk pembangkit listrik serta penyediaan generator.

Lima pembangkit listrik terlah dibangun, termasuk dua di Aden. UEA juga disediakan diesel, bahan bakar dan gas untuk pembangkit listrik, rumah sakit, sekolah dan lembaga-lembaga publik di sejumlah daerah lain.

Bantuan UEA juga digunakan untuk layanan transportasi, kesehatan, pendidikan, pembangunan , pelayanan sosial, air dan sanitasi, bantuan amal keagamaan, sosial dan industri.

UEA juga telah merenovasi 17 klinik kesehatan, termasuk 9 di Hadramaut, Marib, Mahrah dan Taez, unit dialisis ginjal, pusat bersalin, layanan medis untuk orang dengan kebutuhan khusus dan klinik keliling.

Termasuk mendanai rekonstruksi Rumah Sakit Al-Joumhouria di Aden dan memberikan bantuan peralatan medis.

Bantuan lainnya dialokasikan untuk pendidikan sekolah seperti penyediakan alat tulis, tas dan perlengkapan belajar lainnya, maupun  renovasi 144 sekolah di Aden, 32 sekolah direnovasi di Socotra.

Jaringan saluran air limbah di Aden dan Direktorat Sheikh Othman juga diperbaiki, juga telah dimulai proyek Sheikha Fatima untuk membangun 150 saluran irigasi kecil serta merenovasi tiga stasiun air.

UEA juga memberikan pelatihan untuk kepolisian berupa  kendaraan polisi dan penjaga pantai setempat, merenovasi 17 kantor polisi dan penjara pusat Aden, serta menyediakan peralatan pemadam kebakaran.

Untuk membantu mengembalikan kehidupan kembali masyarakat secara normal, Emirat juga membangun delapan taman kota dan membangun kembali toko-toko. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.