Ukhuwah Al Fatah Rescue Galang Dana Bantu Warga Rohingya

Warga Muslim Rohingya sedang terombang ambing dilepas pantai Aceh (Foto: Al-Jazeera)

Bogor, MINA – Ukhuwah Al Fatah Rescue adalah sebuah Organisasi masyarakat yang bergerak dibidang penanggulangan bencana dan ke gawat daruratan menggalang dana membantu yang mengungsian menghadapi krisis humaniter.

Demikian Endang Sudrajat Ketua Yayasan UAR dalam keterangan tertulis, di Bogor, Senin (25/3). “Penggalangan dana ini untuk membantu warga muslim Rohingya yang menghadapi krisis mendesak membantu warga Rohingya yang menghadapi krisis Hukum kemanusiaan internasional (humaniter),” kata Endang.

Dia mengungkapkan ini mengakibatkan ratusan rumah warga muslim Rohingya terbakar, puluhan jiwa tewas, terluka dan ratusan lainnya terpaksa mengungsi dan Rumah Sakit (RSI) di Myanmar pun di tutup akibat konflik.

“Dukungan kita sangat berarti untuk bantuan warga muslim Rohingya mereka yang membutuhkan perlindungan dan bantuan kemanusiaan,” ungkap Endang.

Baca Juga:  Hardiknas 2024, Mendikbudristek Minta Semua Pihak Meneruskan Merdeka Belajar Berkelanjutan

Sekitar 420.000 muslim Rohingya, sebuah kelompok agama dan etnis minoritas di Myanmar, melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh sejak Agustus tahun ini.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyebut Rohingya sebagai kaum minoritas paling menderita persekusi di muka bumi dan menggambarkan kekejaman  aparat Myanmar sebagai “pembersihan etnis,” di mana satu kelompok melenyapkan kelompok etnis atau agama lain menggunakan kekerasan.

Namun persekusi kaum Rohingya bukan hal baru. Sebuah penelitian mengenai pengalaman muslim Rohingya di Myanmar menunjukkan pola persekusi telah berjalan sejak 1948–tahun kemerdekaan Myanmar dari penjajahan Inggris.

Bangladesh juga adalah rumah bagi sekitar satu juta orang Rohingya, banyak diantaranya melarikan diri dari tindakan keras militer pada 2017 terhadap minoritas Muslim di negara tetangga Myanmar yang kini menjadi sasaran penyelidikan PBB.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, Mahasiswa Unpad Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Bantuannya kita dikirim atau transfer ke Yayasan BRI 032001001303562 (L/R4/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.