Universitas Pertahanan RI Jalin Kerja sama Ketahanan Air dengan Perusahaan Prancis dan Swedia

Universitas Pertahanan RI yang diwakilkan rektornya, Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza (kanan), melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan tiga perusahaan asal Perancis dan Swedia pada Seminar Internasional Ketahanan Air di Kampus Unhan RI, Komplek IPSC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/9/2023).(Foto: Istimewa)

Bogor, MINA – Dalam rangka mengantisipasi yang akan datang, Universitas Pertahanan (Unhan) RI bekerjasama dengan berbagai institusi dan perusahaan dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ketahanan di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Universitas Pertahanan RI yang diwakilkan rektornya, Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan tiga perusahaan asal Perancis dan Swedia pada Seminar Internasional Teknologi di Kampus Unhan RI, Komplek IPSC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/9).

Ketiga perusahaan tersebut adalah Osmosun dan Ellipse Projects dari Perancis, dan Blue Water dari Swedia.

“Unhan terus berkomitmen dalam mendukung ketahanan air di Indonesia. Kerja sama ini difokuskan pada tiga program yakni Program Akses Air untuk Pulau-Pulau Terpencil, Pengembangan Ketahanan Air di Daerah Bencana, dan Pengembangan Ketahanan Air di Daerah Bencana,” kata Rektor Unhan RI Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza.

Dia menjelaskan, pada Program Akses Air untuk Pulau-Pulau Terpencil, Osmosun perusahaan asal Perancis, memiliki teknologi yang menggunakan energi surya sebagai sumber daya utama untuk proses desalinasi air.

“Kerja sama Universitas Pertahanan RI dengan Osmosun melalui program akses air untuk pulau-pulau terpencil, daerah yang sulit mendapatkan pasokan air bersih, serta komunitas yang tidak memiliki akses mudah ke sumber air tawar di Indonesia,” jelasnya.

Pada program Pengembangan Ketahanan Air di Daerah Bencana, lanjut Mahroza, dengan Blue Water perusahaan asal Swedia memiliki solusi air darurat yang dirancang khusus untuk situasi darurat seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, atau konflik yang mengancam nyawa.

Blue Water menandatangani MoU dengan Universitas Pertahanan RI untuk menjalin kerja sama guna meningkatkan akses terhadap air bagi masyarakat Indonesia di daerah yang terkena dampak bencana atau
konflik.

“Solusi ini memungkinkan tim tanggap darurat untuk dengan cepat mendapatkan akses ke air bersih yang murni, bahkan dari sumber air yang sangat tercemar,” kata Mahroza.

Ellipse projects perusahaan asal Perancis, juga menandatangani MoU dengan Universitas Pertahanan RI untuk melakukan program penelitian digital bersama ketahanan air.

Krisis air bersih menjadi salah satu ancaman paling nyata yang akan dihadapi Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), diproyeksikan bahwa pada tahun 2025, seluruh bumi akan mengalami krisis air.

PBB juga memperkirakan pada tahun 2030, kebutuhan air tawar global akan meningkat sekitar 40 persen lebih tinggi daripada ketersediaannya saat ini, sebagai akibat dari perubahan iklim, aktivitas manusia, dan pertumbuhan penduduk.

Setelah Cape Town yang beberapa waktu lalu mengalami krisis air bersih, sebelas kota lain yang juga terancam mengalami hal yang sama yaitu Sao Paulo, Bangalore, Beijing, Kairo, Jakarta, Moskwa, Istanbul, Mexico City, London, Tokyo, dan Miami.

Menurut Mahroza, kondisi water security di Indonesia saat ini sedang menuju ke krisis air, ditandai dengan terjadinya kekeringan di Nusa Tenggara (NTT, NTB), Maluku, Jawa (Gunung Kidul), dan terjadinya banjir di DKI, Bandung dan beberapa kota lainnya sebagai dampak dari perubahan iklim.

Perusahaan Indonesia Gapura Liqua Solutions, PAM Jaya MOYA Indonesia juga turut berpartisipasi memamerkan teknologi dan keahlian mereka yang menawarkan teknologi pemurnian air yang canggih untuk memastikan pasokan air bersih yang berkualitas.

Selain perusahaan tersebut, hadir lebih dari 10 perusahaan di bidang sumber daya air dari dalam dan luar negeri, seperti Danone Indonesia, Gapura Liqua Solutions dan Yayasan Obor Tani dari Indonesia, Imhotep Industries dari Austria, Wilo dari German, dan juga Via-Marina dari Perancis.

Acara ini juga diramaikan oleh para panelis pakar ketahanan air seperti Firdaus Ali, Staf ahli Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Arief Nasrudin selaku Presiden Direktur PAM JAYA.(L/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.