Update Haji: 27.952 Jamaah Indonesia Sudah Berangkat ke Tanah Suci

(Foto: Istimewa)

Madinah, MINA – Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi, Kementerian Agama, Akhmad Fauzin mengumumkan hari keenam operasional penyelenggaraan haji sudah 27.952 gelombang satu berangkat ke tanah suci, Arab Saudi.

“Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga hari ini, Ahad (28/5) pukul 11.10 WIB, jamaah yang sudah terbang ke Tanah Suci berjumlah 27.952 orang atau 73 kelompok terbang (kloter) dan yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 24.157 orang atau 63 kloter. Data tersebut khusus Jamaah, di luar petugas kloter,” kata Akhmad Fauzin dalam siaran pers yang diterima MINA.

Jamaah haji Indonesia gelombang satu secara bertahap setiap harinya masuk asrama haji, mulai diberangkatkan pada Rabu (24/5) ke Tanah Suci dari sejumlah embarkasi di Indonesia dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Adapun jamaah wafat bertambah satu orang atas nama Achmad Suhadak Riduwan tergabung dalam kloter 3 Embarkasi Surabaya (SUB) 9. Sehingga sampai hari ini, total Jamaah yang wafat berjumlah dua orang.

Jamaah yang wafat disalatjenazahkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di Baqi. Sesuai ketentuan, jamaah yang wafat akan dibadalhajikan.

“Jamaah sakit 51 orang. Sebanyak 38 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, 13 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Madinah,” ujarnya.

Pemerintah mengingatkan para jamaah, khususnya para lansia untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas di luar ruang. Cuaca di Madinah sedang cukup panas dengan suhu mencapai 39-40 derajat celcius.

Bagi jamaah lansia, untuk tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah sunah jika kondisi fisiknya tidak memungkinkan salat berjamaah di Masjid Nabawi. Jamaah juga bisa menunaikan salat di hotel, untuk menghindari kelelahan.

Berikut rincian Jamaah yang masuk asrama haji hari ini dari setiap embarkasi:

1. Embarkasi Aceh (BTJ) sebanyak 388 jamaah/1 kloter.

2. Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 355 jamaah/1 kloter.

3. Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 738 jamaah/2 kloter.

4. Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 355/1 kloter.

5. Embarkasi Jakarat (JKG) sebanyak 776 jamaah/2 kloter.

6. Embarkasi Bekasi Jawa Barat (JKS) sebanyak 804 jamaah/2 kloter.

7. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 355 jamaah/1 kloter.

8. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.335 jamaah/3 kloter.

9. Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 325 jamaah/ 1 kloter.

10. Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 369 jamaah/1 kloter.

11. Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 388 jamaah/ 1 kloter. (R/R5/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.