Ustadz Afta: Umat Islam Harus Selalu Menyeru Pada Kebaikan

 

Tangerang, MINA – Ali Farkhan Tsani biasa disapa Ustadz Afta dai Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dalam Khutbah menekankan umat Islam agar selalu menyeru kepada jalan dan kebenaran.

“Marilah kita selalu menyeru kepada kebaikan, mengajak kepada yang haq, dan mencegah kemungkaran. Menyeru bershadaqah dan berdakwah,” ujar Ustadz Afta di hadapan ratusan jamaah Idul Adha di halaman Majelis Ta’lim dan Dakwah Al-Fath Perumnas IV Cibodas Baru, Kota Tangerang, Banten, Selasa (21/8/2018).

“Termasuk seruan mengajak agar umat Islam bersatu, berjama’ah dan bersaudara karena Allah. Sebab sesama orang-orang beriman adalah bersaudara,” lanjut Direktur Ma’had Tahfidz Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI) tersebut.

Ia menyebutkan, bagaimana Rasulullah pada Khutbatul Wada menggetarkan nilai-nilai kemanusiaan, dan sangat menghargai harga diri seorang Muslim yang tidak boleh tertumpah darah darinya.

“Tidak boleh terjadi kehormatan Islam dilecehkan, darah kaum Muslimin khususnya dan manusia pada umumnya tertumpah. Itu semua menjadi catatan betapa urgennya kehidupan berjama’ah untuk saling menjaga kaum Muslimin,” imbuhnya.

Kunci Peradaban

Ustadz Afta yang juga Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) berpusat di Jakarta pada kesempatan sama menyampaikan betapa urgensinya bersatunya kaum Muslimin di bawah Pimpinan seorang Imaam atau Khalifah.

“Dengan berjamaah di bawah pimpinan seorang Imaam bagi kaum Muslimin, maka segala potensi kaum Muslimin akan tertata dalam memelihara peradaban dunia berdasarkan syari’at Allah,” ujarnya.

Agama tauhid ini, Al-Islam adalah agama yang satu, imbuhnya mengutip surat Al-Mukminun ayat 52.

Artinya : “Dan ta`atlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kalian berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu, dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Anfal [8]: 46).

Sementara permusuhan, ujaran kebencian dan berbantah-bantahan sesama kaum Muslimin, merupakan bisikan dan ajakan syaitan, imbuhnya.

Sebarkan Islam

Dalam khutbahnya Ali Farkhan Tsani, alumnus Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauly Shana’a, Yaman, juga menekankan pentingnya menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam ke seluruh permukaan bumi.

“Islam mengajarkan keadilan, kesejajaran, dan keseimbangan. Ajaran seperti ini sangat diakui dunia sebagai ajaran untuk kemanusiaan yang hakiki,” katanya.

Kini, lanjutnya, agama Islam pun ternyata justru berkembang pesat di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Pada saat negeri-negeri Muslim di Timur Tengah diuji dengan perpecahan.

Islam agama yang penuh rahmat dan universal, diterima dengan baik jika didakwahkan dengan baik dan argumentatif pula, lanjutnya.

Ia memaparkan perkembangan dunia Islam seperti di Prancis dan Jerman yang memiliki populasi muslim terbanyak. Tercatat sebanyak 5,7 juta warga Prancis beragama Islam da di Jerman mencatat sebanyak 5 juta orang.

Pertumbuhan muslim di Eropa telah menanjak dari tahun ke tahun, tumbuh 1% atau sekitar 6 juta orang setiap tahunnya.

“Mereka memerlukan sentuhan dakwah kita, untuk memahami lebih kongkret makna kehidupan umat Islam berjamaah. Bahwa kita semua adalah satu kesatuan umat yang tak terpisahkan,” ujarnya. (L/P1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.