Utusan AS Bertemu Negosiator Taliban

Utusan perdamaian Amerika Serikat (AS) Zalmay Khalilzad. (Foto: USAofpeace)

Baghdad, MINA – Utusan perdamaian (AS) telah bertemu dengan negosiator yang berbasis di Afghanistan untuk pertama kalinya sejak Presiden AS membatalkan perjanjian gencatan senjata beberapa waktu lalu.

Pada Sabtu (5/10), seorang pejabat Taliban yang tidak disebutkan namanya mengumumkan perkembangan itu yang dikutip oleh AP, demikian Press TV melaporkan.

Pejabat itu mengungkapkan, pertemuan terjadi pada Jumat di ibu kota Pakistan Islamabad antara Khalilzad dan delegasi Taliban yang dipimpin oleh , salah satu pendiri kelompok itu.

Mullah Baradar diusir pada tahun 2001 oleh pendudukan militer pimpinan AS di Afghanistan.

AS terus mencari jalan keluar dari perang terpanjang dalam sejarahnya, menyebabkan ratusan ribu orang tewas, terluka, dan terlantar di Afghanistan.

Pada tahun lalu, Khalilzad mengadakan sembilan putaran negosiasi dengan Taliban di Negara Teluk Persia, Qatar, di mana kelompok gerilyawan itu mempertahankan kantor politiknya.

Pada awal September, sebuah perjanjian dijadwalkan, tetapi gelombang baru kekerasan dan kematian seorang tentara AS menyebabkan Trump tiba-tiba membatalkan pembicaraan, termasuk pembatalan upacara penandatanganan gencatan senjata di Camp David yang sedikit orang ketahui.

Selama pembicaraan Doha, Khalilzad dan Mullah Baradar mengadakan pembicaraan satu lawan satu.

Dalam beberapa pekan terakhir para perunding Taliban telah melakukan perjalanan ke Cina dan Rusia untuk menggalang dukungan untuk kembali ke pembicaraan damai. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.