VATIKAN TANDATANGANI PERJANJIAN BERSEJARAH DENGAN NEGARA PALESTINA

(Foto: World Bulletin)
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) bersama Paus Franciskus. (kanan). (Foto: World Bulletin)

, 10 Ramadhan 1436/27 Juni 2015 (MINA) – Vatikan menandatangani perjanjian pertamanya dengan Negara Palestina dan menyerukan adanya keputusan-keputusan berani untuk mengakhiri konflik Palestina-.

“Hal ini tentu memerlukan keputusan yang berani, tetapi juga akan menawarkan kontribusi besar bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan,” kata Uskup Agung Vatikan, Paul Gallagher, demikian World Bulletin melaporkan.

Pada perjanjian yang telah disepakati, Mei lalu yang kemudian ditandatangani Jum’at (26/6) kemarin, Vatikan kembali menegaskan pengakuan resmi atas Negara Palestina.

Perjanjian ini memicu kemarahan dari para pendukung Israel. Vatikan mengakui Negara Palestina sejak 2012 silam.

Mengenai ihwal ini, Kementerian Luar Negeri Israel menyesalkan keputusan Vatikan yang secara resmi mengakui Palestina.

“Kami sangat kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Vatikan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel seperti kepada Times of Israel.

“Keputusan itu tidak mendukung upaya membawa Palestina kembali ke meja perundingan,” katanya. Dia mengatakan Kementerian akan mempelajari keputusan itu dan mempertimbangkan langkah-langkah yang akan diambil.

Vatikan secara resmi mengakui negara Palestina dalam perjanjian baru. Perjanjian, yang diselesaikan pada Rabu, 13 Mei lalu, tapi masih harus ditandatangani.  (T/P011/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0