Wakil Duta Besar AS: Lingkungan Tanggung Jawab Semua Orang Beragama

Jakarta, 4 Sya’ban 1437/ 12 Mei 2016 (MINA) – Wakil Duta Besar Amerika Serikat () Brian McFeeters mengatakan, adalah milik semua orang yang beragama dan tanggung jawab bersama, karenanya penting menjaga lingkungan.

“Lingkungan sangat penting dijaga, saya melihat dalam agama banyak ayat-ayat yang menerangkan tentang menjaga lingkungan untuk menghindari dari ancaman tangan yang tidak manusiawi,” ujar McFeeters dalam diskusi bertema  “Pandangan Islam Terhadap Perubahan ” di @Amerika Pacific Place, Jakarta, Kamis (12/5).

McFeeters menegaskan, lingkungan yang berdampak dengan berbagai iklim adalah masalah bersama, perubahan yang akan terjadi adalah tanggung jawab bersama sebagai manusia yang ada dimuka bumi.

“Kita tidak bisa memprediksikan apa yang terjadi, termasuk perilaku orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pembakaran hutan secara massal dan berbagai perilaku yang tidak manusiawi lainnya,” imbuhnya. “Yang saya ketahui dalam Al- ajaran agama Islam, Al-Quran mengungkapkan kerusakan yang dilakukan di muka bumi ini adalah ulah manusia yang tidak bersyukur.”

Dalam diskusi ini juga diluncurkan buku Khutbah Jumat tentang lingkungan hidup dari Yayasan Leuser Internasional untuk digunakan bagi khatib dan pelajaran di dalam kelas.

Buku ini baru disebarkan di daerah Sumatera Utara (Medan) dan Aceh bekerjasma dengan beberapa mitra seperti dinas urusan agama, Majelis Ulama di Aceh dan bantuan dari @Amerika/Kedutaan Amerika untuk Indonesia. (L/P007/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.