Wali Kota Tangerang Buka Seminar Internasional Ukhuwah Islamiyah MUI bersama Dubes Azerbaijan

(Foto: Rana/MINA)

Kota Tangerang, MINA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang melalui Komisi Ukhuwah Islamiyah dan Hubungan Antar Organisasi menggelar Seminar Internasional Ukhuwah Islamiyah.

Kegiatan bertema “Seminar Internasional Ukhuwah Islamiyah Bersama Negara Sahabat dalam Rangka Menjaga Integritas Nasional” itu dilaksanakan pada Sabtu (28/9), di Gedung MUI Kota Tangerang.

Kegiatan rutin tahunan Komisi Ukhuwah Islamiyah dan Hubungan Antar Organisasi MUI Kota Tangerang yang pertama kalinya mengundang narasumber khusus dari negara sahabat itu dibuka langsung oleh Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Tangerang menyampaikan apresiasi kepada Komisi Ukuwah Islamiyah di MUI yang telah menghadirkan pembicara dari negara sahabat yaitu Duta besar Republik Azerbaijan Mr. Ruslan Nasibov.

“Saya apresiasi kepada Komisi Ukuwah Islamiyah. Jarang-jarang ini seminar menghadirkan narasumber dari Azerbaijan,” katanya.

Wali Kota juga, berharap pada para peserta seminar yang diikuti oleh 80 peserta dari MUI Kota Tangerang, MUI Kecamatan serta Ormas Islam di Kota Tangerang untuk bisa mengikuti dan mendengarkan narasumber dengan baik.

“Saya harap kita semua bisa mendengarkan dan belajar perjalanan negri Azerbaijan bahwa perjalanan islam mampu membawa kemajuan dan kemaslahatan,” harapnya.

Seminar ini menghadirkan narasumber tamu khusus Duta Besar Republik Azerbaijan Mr. Ruslan Nasibov yang diterjemahkan oleh Ms. Nia S. Amira (Konsultan Media dan Manajemen Kajian Knowledge Management Negara-Negara Islam khususnya negara bekas Uni Soviet).

Duta Besar Azerbaijan mengenalkan sejarah Islam dan destinasi wisata religi yang ada di negara beejukuj Negeri Api atau Land of Fire itu.

Pada kesempatannya juga, Wali Kota mengatakan walau kita berbeda – beda suku bangsa khususnya masyarakat Kota Tangerang dan Indonesia tetap menjaga keutuhan persaudaraan.

“Karna tugas kita menjaga persatuan dan kesatuan dan persaudaraan,” jelas Arief.

“Maka dari Ukuwah Islamiyah ini lah maka terbangun ukuwah watoniah yang semakin kuat dan semakin solid,” paparnya.

“Agar Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap meningkatkan dan memakmurkan seluruh warga negara yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Ketua MUI Kota Tangerang, KH Edi Junaedi menyatakan, program ini akan terus dilaksanakan sebagai program rutinan tahunan MUI untuk mempererat ukhuwah Islamiyah di antara umat Islam dunia.

“Acara ini juga sebagai ajang mengenalkan bagaimana masyarakat Muslim Indonesia menjunjung tinggi dan menghargai nilai – nilai kemanusiaan dan perbedaan. Sebagai cerminan Islam Rahmatan Lil Alamin yang sangat toleran,” tegasnya.(L/R01/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.