Wapres RI Ziarah ke Makam Ibnu Athaillah, Penulis Kitab Al Hikam

Kairo, MINA- Di tengah agenda kegiatan di Kairo, Mesir Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Sabtu (5/11), melakukan ziarah ke Makam Syekh , penulis kitab Al Hikam yang cukup masyhur di kalangan ulama dan santri.

Wapres sering menukil pendapat Ibnu Athaillah. Salah satunya adalah “segala perbedaan atau kebhinekaan di dunia ini tidak perlu menjadi kekhawatiran, tetapi yang perlu dikhawatirkan adalah dorongan hawa nafsu yang tidak terkendali”. Demikian Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres.

Ibnu Athaillah merupakan seorang sufi terkemuka di dunia yang mempunyai nama lengkap Syekh Ahmad bin Muhammad bin Abdul Karim bin Athaillah As-Sakandari.

Ia lahir di Iskandariah (Mesir) pada 648 H/1250 M, dan wafat di Kairo pada 709 H/1309 M. Julukan As-Sakandari merujuk kota kelahirannya, Iskandariah.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Keluarga Ibnu Athaillah adalah keluarga yang terdidik dalam lingkungan agama, kakek dari jalur nasab ayahnya adalah seorang ulama fikih pada masanya. Ibnu Athaillah hidup di Mesir di masa kekuasaan Dinasti Mameluk.

Sejak kecil, Ibnu Athaillah dikenal gemar belajar. Ia menimba ilmu dari beberapa syekh secara bertahap. Gurunya yang paling dekat adalah Abu Al Abbas Ahmad ibnu Ali Al-Anshari Al-Mursi, murid dari Abu Al-Hasan Al-Syadzili, pendiri tarikat Al Syadzili.

Dalam bidang fiqih ia menganut dan menguasai Mazhab Maliki, sedangkan di bidang tasawuf ia termasuk pengikut sekaligus tokoh tarikat Al-Syadzili.

Ibnu Athaillah juga tergolong ulama yang produktif. Tak kurang dari 20 karya tulis yang telah dihasilkannya, mencakup bidang tasawuf, tafsir, hadits, akidah, nahwu, dan usul fikih.

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Beberapa di antaranya adalah Kitab (Kebijaksanaan), Al-Lathai’f Manaqib Abil al-Abbas al-Mursi wa Syekh Abi al-Hasan (Berkah dalam Kehidupan Abu Abbas al-Mursi dan Gurunya Abu Hasan), Miftah al-Falah wa Mishbah al-Arwah (Kunci Kesuksesan dan Penerang Spritual), At-Tanwir fi Isqath at-Tadbir (Eksposisi Pendekatan Tarekat Syadziliah), Taj al-Arus (Cara-cara Pembersihan Jiwa), serta Kitab al-Qaul al-Mujarrad fi al-Ismi al-Mufrad.

Kitab Al-Hikam adalah buku yang sangat populer di dunia Islam selama berabad-abad, hingga saat ini. Buku ini juga menjadi bacaan utama di hampir seluruh pesantren di Indonesia. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.