122 WNI Jamaah Tablig dari India Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air

Menlu RI.(Foto: Kemlu RI)

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi kembali berhasil memfasilitasi repatriasi pemulangan warga negara Indonesia (WNI) anggota Jamaah Tablig (JT) dari India.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 122 WNI anggota JT tiba di Jakarta Kamis (17/9) dini hari.

“Alhamdullilah, mereka telah tiba dengan selamat di Jakarta pada dini hari tadi,” kata Retno dalam taklimat media dikutip MINA, Jumat (18/9).

Dengan kepulangan mereka, lanjut Menlu, artinya 515 orang WNI anggota JT atau 2/3 dari total di India telah berhasil difasilitasi kepulangannya ke Indonesia.

“Repatriasi 122 WNI anggota JT tersebut merupakan kesinambungan hasil dari berbagai upaya yang terus menerus kita lakukan baik tim yang ada di New Delhi dan Mumbai maupun upaya yang dilakukan capital to capital agar para saudara kita tersebut dapat segera kembali ke tanah air semua,” ujar Retno.

Dalam pertemuan para Menlu ASEAN-India pada Sabtu (12/9), Menlu RU juga mengangkat isu JT dan meminta Menlu India terus memberikan bantuan agar mereka dapat segera kembali ke negara masing-masing.

“Karena ini konteksnya ASEAN dan JT tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga beberapa negara ASEAN sehingga saya menyampaikan agar dapat dibantu para JT ini kembali ke negara masing-masing,” tambah Retno.

“Hal ini telah ditanggapi dengan baik oleh Menlu India,” tambahnya.

Menurut Menlu perempuan pertama Indonesia tersebut, upaya repatriasi WNI JT bukan merupakan proses yang mudah, namun merupakan proses yang sangat rumit.

“Tim kita, terutama di KBRI New Delhi dan KJRI Mumbai akan terus bekerja keras dengan harapan dapat menuntaskan 237 WNI JT lainnya yang sebagian besar di negara-negara bagian, antara lain di Andhra Pradesh, Tamil Nadu, dan Uttar Pradesh,” pungkas Retno. (L/RE1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)