Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur Serukan Qunut Nazilah Satu Bulan

Jakarta, 4 Muharram 1438/5 Oktober 2016 (MINA) – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur menyerukan umat untuk melaksanakan pada rakaat terakhir tiap waktu shalat fardhu, untuk mendoakan pertolongan bagi umat Muslim tertindas, khususnya di Aleppo, Suriah.

“Marilah kita laksanakan Qunut Nazilah ini dalam tempo mulai dari sekarang, seperti pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam jika mengetahui peristiwa menyedihkan yang menimpa umat Islam,” ujar Yakhsyallah Mansur dalam tausiyahnya di Masjid At-Taqwa Kompleks Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Selasa malam (4/10).

Menurutnya, kondisi kaum Muslimin di beberapa tempat saat ini masih tertindas dan teruji, bahkan semakin memprihatinkan, seperti di , khususnya di sekitar Masjid Al-Aqsha dan Jalur Gaza, juga umat Muslim di Suriah, Irak, Afghanistan, Rohingnya, Mindanao, dan lainnya.

Baca Juga:  BPBD Bekasi Setuju Adanya Forum Penanggulangan Bencana di Tingkat Kecamatan

“Ini salah satu amalan yang dapat kita lakukan, di samping kita membuat pernyataan, dan lainnya,” ujarnya.

Doa Qunut Nazilah diucapkan imam shalat pada setiap shalat fardhu, yaitu ketika i’tidal setelah ruku’ pada rakaat terakhir dengan menjaharkan (mengeraskan) bacaan do’a qunut nazilah agar didengar dan diaminkan makmum.

Adapun contoh doa Qunut Nazilah antraa lain sebagai berikut (dalam shalat tentu diBACA arabnya saja):

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَخْلَعُ مَنْ يَفْجُرُكَ، اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُد، ولَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُد، وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنحْفِدُ، نَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ، إنَّ عَذَابَكَ الجِدَّ بالكُفَّارِ مُلْحِقٌ

اللهُمَّ أَعِزَّ الإسْلَامَ وَالْمُسلمين، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْن

اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُؤْمِنِينَ فِى غَزَةْفلِسْطِيْنَ خَاصَّةً وَفِى أَنْـحَاءِ بُلْدَانِ المْـُؤْمِنِيْنَ عَامّةً

أَللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى الْكُفَّارِ يَهُوْدِى اِسْرَائِيْلِ وَشُرَكَائِهِمْ وَشَطِّطْ شَمْلَهُمْ وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ أَللَّهُمَّ إِهْزِمْهُمْ وَزَلْزِلْهُمْ

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

Artinya : “Ya Allah kami memohon pertolongan kepada-Mu, beristighfar kepada-Mu dan tidak kufur pada-Mu, kami beriman kepada-Mu dan berlepas dari orang yang bermaksiat kepada-Mu. Ya Allah hanya kepada-Mulah kami beribadah, shalat dan sujud, kepada Engkau kami beramal dan berusaha, kami mengharap rahmat-Mu dan takut akan adzab-Mu. Sesungguhnya adzab-Mu pasti sampai pada orang kafir.
Ya Allah muliakanlah Islam dan kaum muslimin, dan hinakanlah kesyirikan dan kaum musyrikin. Ya Allah hancurkan musuh-musuh-Mu yang merupakan musuh-musuh agama (Islam).
Ya Allah, selamatkan orang-orang beriman di Gaza Palestina pada khususnya, dan di negeri-negeri orang-orang beriman lainnya.
Ya Allah keraskanlah pijakan-Mu atas orang-orang kafir Yahudi Israil dan sekutu-sekutunya, dan goncangkanlah mereka, dan cerai-beraikanlah kesatuan mereka.
Ya Allah, hancurkanlah mereka dan porak-porandakanlah mereka.”

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Atau dapat diambil yang lebih ringkas pada bagian akhir :

اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُؤْمِنِينَ فِى فلِسْطِيْنَ خَاصَّةً وَفِى أَنْـحَاءِ بُلْدَانِ المْـُؤْمِنِيْنَ عَامّةً

أَللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى الْكُفَّارِالذين يحاربون الإسلام والمسلمين 

أَللَّهُمَّ شَطِّطْ شَمْلَهُمْ وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ أَللَّهُمَّ إِهْزِمْهُمْ وَزَلْزِلْهُمْ

Artinya : “Ya Allah, selamatkan orang-orang beriman di Palestina pada khususnya, dan di negeri-negeri orang-orang beriman lainnya.

Ya Allah keraskanlah pijakan-Mu atas orang-orang kafir yang memerangi Islam dan Muslimin,

Ya Allah goncangkanlah mereka, dan cerai-beraikanlah kesatuan merekaYa Allah, hancurkanlah mereka dan porak-porandakanlah mereka.”

Atau dapat diambil yang paling ringkas lagi :

اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُؤْمِنِينَ فِى فلِسْطِيْنَ، اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُؤْمِنِينَ فِى فلِسْطِيْنَ، اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُؤْمِنِينَ فِى فلِسْطِيْنَ

Artinya : “Ya Allah, selamatkanlah orang-orang beriman di Palestina, Ya Allah, selamatkanlah orang-orang beriman di Palestina, Ya Allah, selamatkanlah orang-orang beriman di Palestina”.

Atau doa yang senada dengan hal itu. (L/P4/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.