Sudan Gagalkan Upaya Kudeta Kedua Dalam Sebulan

Khartoum, MINA – pada Rabu (24/7) menggagalkan upaya yang direncanakan oleh Letjen Hashim Abdul Motalib Ahmed, kepala staf gabungan negara itu.

Sebelumnya pada 11 Juli, dewan militer yang berkuasa di Sudan telah mengumumkan bahwa mereka berhasil menggagalkan kudeta militer, hanya beberapa hari setelah militer dan koalisi pro-demokrasi menyetujui dewan kedaulatan bersama untuk memerintah negara selama masa transisi.

Dalam sebuah pernyataan, militer Sudan mengatakan bahwa mereka telah menangkap Abdul Motalib dan sejumlah perwira senior lainnya. Demikian Anadolu Agency melaporkan.

“Upaya yang gagal itu bertujuan untuk membatalkan revolusi besar kita dan mengembalikan rezim Kongres Nasional yang berkuasa serta menghadang solusi politik yang bertujuan untuk mendirikan negara sipil,” ungkap pernyataan itu.

Militer mengatakan bahwa rencana kudeta terdeteksi ketika mereka melacak para perwira senior dan Abdul Motalib setelah upaya kudeta 11 Juli lalu.

Institusi itu menuturkan bahwa mereka juga telah menangkap sejumlah pasukan kelompok yang mendukung upaya kudeta. (T/R03/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.