James Le Mesurier, Pendiri White Helmets, Ditemukan Tewas di Turki

Ankara, MINA – Jenazah , salah satu pendiri organisasi kemanusiaan White Helmets yang membantu korban perang di Suriah ditemukan tewas di sebuah kota di Istanbul, Turki. Dia ditemukan dalam kondisi patah tulang di kepala dan kakinya, kata media Turki, dan diyakini jatuh dari balkon huniannya.

James Le Mesurier adalah mantan perwira Angkatan Darat Inggris yang diberikan penghargaan OBE pada 2016 oleh Ratu atas pekerjaan dan dedikasinya dengan kelompok pertahanan sipil White Helmets di Suriah.

ditemukan sekitar pukul 04:30 waktu setempat di jalan dekat rumah dan kantornya di distrik Beyoglu, Istanbul pada Senin (11/11), sumber White Helmets mengatakan kepada BBC.

Le Mesurier membentuk kelompok tanggap darurat Mayday Rescue, yang membantu melatih sukarelawan Helm Putih.

Penyebab kematiannya belum diketahui. Namun, Turki telah membentuk tim penyelidikan atas kematiannya. “Investigasi komprehensif telah diluncurkan,” kantor gubernur Istanbul mengatakan dalam pernyataan tertulisnya.

Dalam sebuah cuitan, White Helmets mengatakan mereka mengetahui dengan kaget dan sedih berita tentang kematian Le Mesurier.

Hamish de Bretton-Gordon, seorang direktur kelompok kampanye Doctors Under Fire yang dikenal sebagai teman karib Le Mesurier, mengatakan, “Ini benar-benar tragis. Dia adalah satu dari sedikit orang yang telah membuat jejak bagus bagi kemanusiaan di Suriah.” (T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.