Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Kampus II STAI-PIQ Sumbar

Padang, MINA – (Menag) Fachrul Razi berharap, Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (STAI-PIQ) Sumatera Barat, akan lahir ahli-ahli Al-Qur’an yang mampu menerangi kehidupan keagamaan dan kebangsaan yang sejuk dan indah, dirajut dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

“Juga sebagaimana adagium yang mengatakan; adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, syarak mangato adat mamakai. Hukum adat berdasarkan hukum agama, hukum agama berdasarkan Al-Quran. Segala perbuatan hendaknya selalu mengingat aturan adat dan agama, jangan bertentangan antara satu dengan yang lainnya,” kata Menag saat peletakan batu pertama pembangunan Kampus II  , Ahad (15/11).

Ia menjelaskan, Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. sudah sepantasnya dan sepatutnya Indonesia menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia, demikian keterangan yang diterima MINA.

Baca Juga:  Pembangunan Dermaga Gaza Selesai, Tapi Operasinya Tertunda

“Karena Itu, kita berharap semoga kampus ini dapat berkontribusi menjadi pusat kajian, studi dan penelitian Al-Qur’an yang moderat dan mencerahkan,” ucap Menag.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjelaskan, STAI-PIQ Padang ini berdiri sejak tahun 1981 pada masa Gubernur Sumbar Azwar Anas, semula bernama Akademi Ilmu Al-Qur`an (AIQ) di Sumatera Barat. “Dan tahun 1994  menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur`an (STAI-PIQ) Sumatera Barat,” terang Gubernur.

Dikutip dari laman staipiq.ac.id, saat ini STAI-PIQ memiliki  dua Program Studi yaitu Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), serta dua Program Khusus yaitu Program Tahfizh dan Tafhim al-Qur’an (TTQ) dan Program Ma’had ‘Ali lil Qur’an wa Sunnah.

Baca Juga:  39 Peserta Ikuti Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah di UIN Ar-Raniry

Sebelum peletakkan batu pertama pembangunan kampus II STAI-PIQ Padang, Menag bersama Gubernur Sumbar meninjau pembangunan asrama Haji baru Sumatera Barat yang  berada di Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.