Kejaksaan Israel Buka Penyelidikan terhadap Mantan Kepala Mossad

Tel Aviv, MINA –   Jaksa Agung Avichai Mandelblit, menginstruksikan Jaksa Amit Eisman untuk melakukan penyelidikan menyeluruh atas laporan tuduhan serius terhadap  mantan Kepala Yossi Cohen (59) atas tuduhan korupsi yang disampaikan ke kantor jaksa agung.

Menurut surat kabar Maariv, Cohen dituduh menerima hadiah $ 20.000 dari pengusaha miliarder Australia James Packer untuk menghadiri pernikahan putrinya.

Laporan mengungkapkan, setelah pensiun dari posisinya Cohen menerima uang itu setelah berkonsultasi dengan penasihat hukum Mossad. Dia mengatakan berkomitmen untuk mengembalikan hadiah itu.

Tuduhan lain terhadap Cohen tidak dapat diungkapkan karena undang-undang privasi, mencatat bahwa setelah penyelidikan awal selesai, Mandelblit akan memutuskan apakah akan melakukan penyelidikan kriminal penuh.

Bulan lalu, Channel 13 Israel melaporkan, Cohen dicurigai berbagi informasi rahasia dengan seorang pramugari yang berhubungan dekat dengannya selama dua tahun terakhir.

Cohen memegang posisi eksekutif, intelijen dan administrasi di Mossad selama sekitar 31 tahun, dengan misi rahasia dan berpartisipasi dalam operasi berbahaya.

Mossad adalah badan keamanan yang bertanggung jawab atas operasi keamanan asing, dan ditugaskan untuk merekrut jaringan mata-mata asing, melaksanakan misi seperti pembunuhan dan penetrasi eksternal. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.