Anies Sekeluarga Shalat Id Berjamaah Dan Lebaran di Rumah

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri, Fery Farhati, dan keempat anaknya, serta ibunya, Aliyah R. Baswedan, merayakan hari raya Idul Fitri di kediamannya, Jakarta Selatan, Ahad (24/5) pagi.

Anies menjadi imam sekaligus khatib dalam melaksanakan ibadah shalat id berjamaah di rumahnya. Usai salat id, Gubernur Anies langsung bersilaturahmi virtual bersama keluarga besar melalui panggilan video (video call), demikian keterangan yang diterima MINA.

“Jadi, kami juga di rumah. Kebetulan ibu saya dan ayah dari istri saya, mertua itu adalah yang dituakan di keluarganya. Jadi, biasanya kalau lebaran, mereka semua di sini. Lalu, keluarga besar dari dua sisi akan kumpul semua di sini,” kata Anies.

“Nah, kali ini kosong. Yang kita kerjakan adalah tadi jam 09:30 sudah janjian. Kita pakai video conference dengan semuanya. Tapi, malah unik. Biasanya kalau lebaran hanya ketemunya yang di Jakarta, tapi tadi yang di mana saja kita sambung. Jadi, silaturahminya virtual, tapi bila kita konsisten mengerjakan ini, InsyaAllah kita bisa menuntaskan usaha kita untuk memotong mata rantai penularan wabah,” katanya.

Anies menyatakan, lebaran tahun ini memang berbeda karena kebiasaan yang mengasosiasikan momen hari raya tersebut sebagai pertemuan dengan keluarga, tetangga, dan masyarakat luas.

“Akan tetapi, kondisi di tengah pandemi COVID-19 saat ini mengharuskan pertemuan itu tidak dilakukan untuk mencegah penularan wabah semakin meluas,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gubernur Anies menyampaikan bahwa tradisi open house dan halalbihalal ditiadakan untuk Idul Fitri tahun ini.

Pernyataan Gubernur Anies terkait open house dan halalbihalal tersebut juga sudah diberitahukan kepada tetangga sekitar rumahnya dan masyarakat secara luas agar mata rantai penularan COVID-19 dapat terkendali dan kondisi pandemi dapat segera selesai. (R/R8/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)