Anies Terima Kunjungan Pengusaha Turki di Balai Kota

Jakarta, MINA – Gubernur Baswedan menerima kunjungan delegasi Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi () atau Asosiasi Pengusaha dan Industri Independen asal Turki di Balai Kota DKI, Jakarta pada Selasa (15/1).

Dalam pertemuan itu, Anies mengatakan, Indonesia dan Turki memiliki sejarah persahabatan yang panjang, dapat ditelusuri sejak abad ke-12 masehi. Meskipun begitu, Anies menilai, kerja sama ekonomi atau perdagangan kedua negara masih sangat rendah.

“Karenanya senang sekali dapat menerima delegasi Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen asal Turki di Balai Kota kemarin,” kata Anies melalui akun instagram resmi miliknya @aniesbaswedan, Rabu (16/1).

Musiad datang bersama beberapa anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional Indonesia (KEIN) untuk mengkaji kemungkinan membuka kantor perwakilan di Jakarta, Indonesia. Saat ini Musiad sudah memiliki kantor perwakilan di 91 negara, dan Indonesia akan menjadi negara ke 92.

Anies mengatakan, Indonesia dan Turki adalah dua negara berpenduduk Muslim terbesar yang demokratis dengan kesejahteraan ekonomi yang terus berkembang.

“Kerja sama kedua negara penting untuk menghadapi tantangan pada isu kesejahteraan dan kesetaraan. Dengan didirikannya kantor perwakilan di Jakarta, akan membuka peluang kerja sama yang lebih luas bagi para pelaku bisnis antar kedua negara,” kata orang nomor satu DKI itu.

Musiad dan KEIN telah membidik beberapa sektor kerja sama yang mungkin akan ditingkatkan oleh kedua negara. Sektor-sektor itu antara lain pertahanan, energi, dan agrikultur. Selain itu, mereka tertarik untuk bekerja sama dalam pengembangan kopi dengan membuka sekolah kopi di Indonesia.

“Kami berharap dengan adanya relasi yang lebih kuat, akan mendorong percepatan perundingan Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA),” kata Anies. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)