AS: Operasi Militer di Rafah ‘Makin Melemahkan’ Posisi Israel

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller. (Foto: Anadolu)

Washington, MINA – Sebuah operasi militer (serangan) besar-besaran yang dilakukan Israel di kota Rafah akan semakin melemahkan posisinya secara global, kata Amerika Serikat pada Kamis (9/5).

“Operasi militer besar-besaran di Rafah akan semakin melemahkan posisi Israel di dunia dan semakin menciptakan jarak dari mitra-mitranya di kawasan,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan.

Menurutnya, mitra-mitar Israel sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu melihat Hamas dikalahkan dan ingin melihat Hamas diganti dengan struktur pemerintahan yang berbeda di Gaza, Anadolu melaporkan.

Miller mengatakan bahwa operasi militer di Rafah juga akan melemahkan posisi Israel dalam pembicaraan untuk mencapai kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata di Gaza, karena Washington terus menjalin hubungan dengan Israel mengenai amandemen proposal yang diajukan Hamas awal pekan ini.

Baca Juga:  Duta Al-Quds: Sirah Nabawiyah Perkuat Pembebasan Al-Aqsa

Memerhatikan bahwa pembicaraan terus berlanjut untuk menyelesaikan naskah guna mencapai kesepakatan, Miller berkata: “Saya hanya akan mengatakan bahwa upaya seperti ini sangat sulit.”

“Kami akan terus terlibat dalam upaya mencapai kesepakatan karena kami yakin ini adalah kepentingan semua pihak terkait,” tambahnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi