AWG Gelar Safari Ramadhan Bersama Imam Masjid Al-Aqsha

Kompleks Masjid di Kota (Yerusalem timur) . (Istimewa)

Jakarta, 8 1438/3 Juni 2017 (MINA) – Al-Aqsa Working Group (), lembaga kemanusiaan untuk Palestina, organisasi dalam lingkungan Jama’ah Muslimin (Hizbullah), menggelar safari dakwah ke daerah-daerah di Indonesia di bulan Ramadhan ini bersama Imam Masjid Al-Aqsha sekaligus salah satu penasihat  Hakim Agung Palestina Syaikh DR. Mustafa Mohammad Abdel Rahman Tawil.

Kegiatan yang dikemas dengan tajuk “Silaturahim Ramadhan untuk Ikatan Cinta Indonesia – Palestina” itu akan digelar selama 16 hari (6-22 Juni 2017) dengan mengunjungi sedikitnya delapan Propinsi di nusantara, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Lampung, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, dan lainnya.

Ketua Umum AWG Agus Sudarmaji menjelaskan kegiatan utama yang dilakukan dalam kunjungan Imaam Masjid Al-Aqsha ke Indonesia ini adalah Shalat Tarawih bersama umat Islam Indonesia, ceramah Ramadhan, bersilaturahim dengan para tokoh pimpinan pemerintahan (gubernur, walikota, bupati) dan ulama, serta penggalangan dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

ini merupakan upaya meningkatkan kesadaran spiritual umat Islam Indonesia dan membangkitkan solidaritas untuk Al-Aqsha dan Palestina yang berlandaskan semangat ukhuwah Islamiyah. Ceramah yang disampaikan beliau (Syaikh Mustafa) difokuskan pada esensi Islam Rahmatan Lil Alamiin, urgensi Masjid Al-Aqsha untuk umat Islam dan keutamaan Al-Quran,” kata Agus kepada MINA di Jakarta, Sabtu (3/6).

Syaikh Dr. Mustafa Mohammad Abdel Rahman Tawil adalah seorang ulama kelahiran Kota Al-Quds Palestina tahun 1955. Beberapa kali ditugaskan sebagai pejabat Ketua Mahkamah Agung Palestina dan Hakim pengadilan tinggi syariah sejak tahun 2006. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Pengadilan Tinggi Syariah dan Majelis Tinggi Pengadilan Syariah Palestina pada tahun 2015.

Kini beliau menjabat sebagai salah satu dari 12 Imam Masjid Al-Aqsha sekaligus salah satu penasihat Hakim Agung Pengadilan Syariah Palestina. Beliau juga menjabat sebagai Dosen Luar biasa Fakultas Hukum Universitas Al-Quds Palestina. Beliau tinggal di Lingkungan Gerbang As-Silsilah, dekat Masjidil Aqsha Al-Mubarak, Kota Al-Quds.

Ia menambahkan hadirnya Imam Masjid Al-Aqsha Palestina merupakan salah satu program dakwah yang diinisiasi oleh AWG pada Ramadhan ini.

“AWG juga akan menyalurkan infaq Kaum Muslimin Indonesia untuk Ifthar (buka puasa bersama) dan sahur H di Jalur Gaza dan Masjid Al-Aqsha, Palestina serta pembagian bantuan sembako menjelang Iedul Fitri di Gaza,” ujarnya.

Diharapkan spirit Ramadhan menginspirasi umat Islam Indonesia untuk mewujudkan solidaritas kepada sesama muslim di Palestina melalu infaq dan shodaqoh yang nilainya berlipat ganda selama bulan Ramadhan.

Infaq, shodaqoh dan donasi dukungan dapat ditransfer melalui Rekening Bank Syariah Mandiri atas nama Yayasan Al Aqsa Haqquna dengan No Rek. 7457788996.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mempromosikan nilai dan pentingnya Masjid Al-Aqsha bagi umat Islam dan dunia.

Lembaga AWG dibentuk berdasarkan keputusan yang dihasilkan oleh Sidang Akhir Al-Aqsa International Conference di Jakarta, pada 20 Sya’ban 1429H atau 21 Agustus 2008M.  Al-Aqsa International Conference tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan organisasi massa Islam, Kedutaan Besar sejumlah negara Muslim, pimpinan lembaga pendidikan umum maupun pendidikan Islam, pimpinan lembaga da’wah, pimpinan media massa Islam dan sejumlah individu yang bersimpati terhadap nasib Masjid Al-Aqsha. (L/R01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.