Berkarya!Indonesia; Pacu Kreativitas dan Nilai Tambah Lokal Lewat Teknologi

Jakarta, 7 Dzulqadah 1437/11 Agustus 2016 (MINA) – mengumumkan diluncurkannya ‘Berkarya! Indonesia’, sebuah gerakan nasional jangka panjang yang bertujuan untuk memacu produktivitas, kreativitas, dan nilai tambah lokal melalui pembudayaan teknologi dan inovasi nasional.

bertujuan untuk mengubah pola pikir individu, komunitas, dan organisasi-organisasi Indonesia. Perubahan pola pikir itu dari pola komsumtif ke keratif, dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” kata , selaku pendiri gerakan Berkarya!Indonesia, saat Konferensi Pers di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (11/8).

Ia mengaku yakin bahwa pendekatan seperti inilah yang akan mendorong inovasi dalam berbagai tingkatan masyarakat. Untuk mencapai hasil ini, Ilham menjelaskan bahwa ‘Berkarya!Indonesia’ akan menjadi jembatan antara teknologi dan kebudayaan.

Baca Juga:  Cuaca Saudi Panas, Jamaah Haji Indonesia Diimbau Jaga Kesehatan

Seperti bisa ditangkap dari motto gerakan ini ‘Membudayakan Teknologi’. ‘Berkarya!Indonesia akan mengedepankan lima langkah kunci dalam proses peningkatan teknologi nasional. Lima langkah yang dimaksud adalah penciptaan ide, prototyping, industrialisasi, komersialisasi, dan evaluasi.

Sementara itu, Presdir dan CEO Orbit Ventura, Sachin Gopalan menjelaskan, ‘Berkarya!Indonesia’ akan menuai sukses karena kemampuan mereka bekerja dengan para pemangku kepentingan dalam Indonesia yang padat teknologi.

“Kami akan membina hubungan-hubungan yang hingga saat ini belum terbangun. Inovasi dan nilai tambah harus menjadi prioritas dalam semua tindakan kita, dan hal ini membutuhkan perubahan pola pikir di sektor swasta, pemerintahan, komunitas, dan bahkan masyarakat pribadi,” katanya.

Ia menambahkan ‘Berkarya!Indonesia’ ingin menyadarkan masyarakat akan tuntutan sebuah negara yang padat teknologi. “Kami akan menjembatani dan menghubungkan para pemangku kepentingan bidang Iptek di Indonesia,” jelas Ilham.

Baca Juga:  BTM Diyakini Jadi Jembatan Enterpreneur Warga Muhammadiyah

Salah satu inisiatif pertama Berkarya!Indonesia’ adalah Makerthon Indonesia, sebuah kegiatan yang bertujuan mencari cara memecahkan masalah dalam berbagai inovasi yang dimotori para maker Indonesia. Inisiatif ini akan diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia.

Selain itu, Berkarya!Indonesia juga meluncurkan kompetisi ‘Habibie Selanjutnya’ bersama Hyve dan DaVinci Learning. Kompetisi untuk umum ini bertujuan untuk mencari ‘Habibie masa depan Indonesia’.

Berkarya!Indonesia didirikan dengan tujuan untuk mengubah pola pikir individu, komunitas, dan organisasi-organisasi Indonesia. Perubahan pola pikir itu dari pola komsumtif ke keratif, dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. (L/P011/P010-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.