Bertemu Abbas, Blinken Sampaikan AS Menentang Perluasan Permukiman Israel

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di kota Ramallah, Tepi Barat. (Foto: Kantor Berita WAFA)

Ramallah, MINA – Menteri Luar Negeri bertemu dengan di Ramallah, Tepi Barat, Selasa (31/1).

Blinken mengatakan Washington menentang tindakan yang mempersulit pencapaian solusi dua negara, termasuk perluasan permukiman dan pembongkaran rumah,

Kunjungan Blinken ke Ramallah adalah bagian terakhir dari tur regional, diplomat tertinggi yang juga mencakup dan Mesir. Anadolu melaporkan.

“Kami percaya bahwa penting mengambil langkah-langkah untuk mengurangi, menghentikan kekerasan, mengurangi ketegangan dan mencoba juga untuk menciptakan landasan bagi tindakan yang lebih positif ke depan,” tambahnya.

“Apa yang kami lihat sekarang untuk warga Palestina adalah cakrawala harapan yang menyusut, bukan harapan yang meluas. Dan itu juga, kami percaya perlu diubah,” kata Blinken.

Baca Juga:  Bangladesh, Gambia Harap Penyelesaian Cepat Kasus Genosida Rohingya di Myanmar

Dalam pertemuan tersebut, Blinken mengumumkan Washington akan menyediakan USD 50 juta untuk badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

Abbas, pada bagiannya, menuduh Israel merusak solusi dua negara dan menyalahkan masyarakat internasional karena gagal membongkar pendudukan Israel dan mengakhiri rezim pemukimannya.

“Kami menyambut Anda, dan kami menegaskan pemerintah Israel bertanggung jawab atas apa yang terjadi hari ini, karena praktiknya yang merusak solusi dua negara dan melanggar perjanjian yang ditandatangani, dan karena kurangnya upaya internasional membongkar pendudukan, mengakhiri rezim pemukiman, dan kegagalan mengakui negara Palestina serta keanggotaan penuhnya di PBB,” katanya.

Blinken didampingi sejumlah pejabat Amerika selama kunjungan tersebut, termasuk George Noll, kepala Unit Urusan Palestina di Kedutaan Besar AS di Yerusalem, Barbara Leaf, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Timur Tengah, Hady Amr, Perwakilan Khusus untuk Urusan Palestina, dan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.

Baca Juga:  Tokoh Kashmir Sebut PM Modi Sebarkan Kebencian untuk Kembali Berkuasa

Menjelang kedatangan Blinken, kantor berita Palestina Wafa menerbitkan gambar Abbas saat bertemu dengan Kepala Intelijen Mesir Abbas Kamel dan Direktur Intelijen Yordania, Ahmad Hatuqai.

Namun, tidak memberikan perincian tentang isi pertemuan Abbas dengan para kedua pejabat tinggi intelijen itu.

Pada hari Senin, Blinken meminta Israel dan pihak Palestina “untuk mengambil langkah-langkah menenangkan ketegangan daripada mengobarkannya.”

Kunjungannya  dilakukan di tengah meningkatnya kekerasan di wilayah Palestina menyusul operasi militer Israel di kota Jenin yang menewaskan sedikitnya 10 warga Palestina pada hari Kamis (26/1). Setelah operasi tersebut, dua penembakan di Yerusalem merenggut nyawa tujuh orang Israel.(T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.