Biden: Hubungan AS-China Ada di ‘Jalur yang Benar’ Setelah Perjalanan Blinken

Presiden AS Joe Biden berkunjung ke Ottawa, Kanada, Jumat, 24 Maret 2023. (Gambar: dok. Global News)

California, MINA – Hubungan antara (AS) dan China berada di “jalur yang benar” setelah kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Beijing, kata Presiden Joe Biden pada Senin (19/6).

Dalam kunjungan ke Negara Bagian California guna mengumumkan pendanaan jutaan dolar untuk upaya ketahanan iklim, Biden menjawab pertanyaan wartawan. Dia mengatakan, Blinken membuat kemajuan dalam perjalanan dua harinya, yang berakhir pada Senin. Anadolu Agency melaporkan.

“Saya pikir kita berada di jalur untuk memastikan bahwa kita akan dapat melakukan keduanya — memiliki dunia yang lebih aman karena Amerika terlibat dengan cara yang belum pernah dilakukan di masa lalu, serta memastikan bahwa kami memiliki ekonomi yang menguntungkan semua orang,” katanya.

Mendukung upaya Blinken, Biden mengatakan, dia melakukan pekerjaan dengan baik.

AS dan China sepakat untuk menstabilkan hubungan mereka dan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka untuk menghindari konflik habis-habisan antara kedua negara.

Blinken adalah pejabat AS berpangkat tertinggi yang mengunjungi ibu kota China dalam lima tahun. Dalam kunjungannya, dia bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan pejabat senior lainnya.

Hubungan antara AS dan China memburuk selama pemerintahan Trump karena perang dagang. Sejak itu tetap tegang karena klaim tegas Beijing atas Taiwan dan dugaan balon mata-mata China atas AS. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.