Bulan Sabit Merah Turki Kirim Bantuan Untuk Korban Topan Di Mozambik

Maputo, Mozambik, MINA – Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay), organisasi seperti palang merah,  akan segera mengirim 15 ton bantuan ke daerah paling menderita akibat Topan Idai di Beira, Mozambik, ujar lembaga itu kepada Anadolu Agency, Jumat (22/3).

Bantuan terdiri dari makanan dan alat-alat kebersihan, dan bersama dengan barang-barang dari lembaga bantuan lainnya dikirim melalui jalur laut ke Beira, daerah yang paling parah terkena Topan Idai, demikian  Recep Bora Atlihan, pejabat Kizilay di kota Maputo.

“Kami berencana mengirim 15 ton bantuan kemanusiaan, makanan cepat saji dan pasokan kebersihan dalam pengiriman awal yang diperkirakan akan mencapai pelabuhan Beira pada Senin,” kata Atlihan.

“Kami berusaha mengulurkan tangan dari negara kami kepada orang-orang yang membutuhkan secepat mungkin dan kami berharap akan berhasil,” ujar Atlihan.

Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) juga mengirim paket kebersihan dan makanan ke Beira yang akan membantu 600 keluarga selama 10 hari.

Koordinator program Maputo Omer Faruk Mergen mengatakan,  paket bantuan akan dikirim dengan kapal pertama yang berangkat ke ibu kota Mozambik.

“Bantuan tidak mungkin sampai ke Beira dengan rute darat.” katanya.

Topan Idai menyebabkan kerusakan besar di Afrika Selatan lima hari setelah menerjang Mozambik, menciptakan situasi darurat kemanusiaan yang besar.

PBB mengatakan, setidaknya 84 orang dipastikan tewas setelah diterjang topan Idai, tetapi Presiden Mozambik Filipe Nyusi mengatakan dia yakin bahwa jumlah korban jiwa bisa mencapai setidaknya 1.000 orang.

“Banyak daerah di Mozambik masih belum dialiri listrik dan hampir semua jaringan rusak parah,” kata PBB.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)