Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub, Pertahankan Dominasi Eropa

Kapten Chelsea Cesar Azpilicueta mengangkat trofi saat rekan satu timnya merayakannya, setelah memenangkan final Piala Dunia Antarklub FIFA melawan SE Palmeiras di Abu Dhabi, UEA pada Sabtu, 12 Februari 2022. [Ali Haider/ EPA-EFE]

Abu Dhabi, MINA – Kai Havertz mencetak gol penalti di masa perpanjangan waktu saat mengalahkan Palmeiras dari Brasil 2-1 di final pada hari Sabtu (12/2) di Abu Dhabi.

Sundulan luar biasa Romelu Lukaku memberi Eropa itu keunggulan pada menit ke-54, tetapi Raphael Veiga menyamakan kedudukan dari titik penalti untuk pemenang Copa Libertadores, Al Jazeera melaporkan.

Havertz, pahlawan di final Liga Champions melawan Manchester City, kembali menjadi penentu kemenangan Chelsea saat ia mengonversi penalti pada menit ke-117 yang diberikan setelah tinjauan VAR.

“Ini luar biasa. Setelah juara Eropa, sekarang kami juara dunia. Kedengarannya lebih baik,” kata Havertz kepada Channel 4.

“Saya gugup [mengambil penalti], saya harus jujur. Ini penalti besar. Ini gila. Itu bagus, saya menjaga saraf. Saya sangat senang. Saya selalu memimpikan ini ketika masih anak-anak. Ini adalah perasaan yang luar biasa bagi saya,” katanya.

Chelsea dinobatkan sebagai juara dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

The Blues kini telah mengklaim setiap trofi yang mungkin sejak Roman Abramovich membeli klub pada tahun 2003, dan menjadi tim Inggris ketiga yang memenangkan turnamen global setelah Manchester United dan Liverpool.

Chelsea membalas kekalahan 1-0 mereka dari Corinthians di final 2012. Namun, mereka akan memiliki sedikit waktu untuk merayakannya dengan bentangan kritis di cakrawala begitu mereka kembali ke London.

Mereka akan menghadapi Lille di babak 16 besar Liga Champions, lalu final Piala Liga melawan Liverpool dan putaran kelima Piala FA, bermain di empat kompetisi berbeda dalam 12 hari. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.